Mohon tunggu...
Okto Klau
Okto Klau Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Menulis adalah mengabadikan pikiran

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Jika Ingin Transportasi Umum Kita Baik dan Diminati oleh Masyarakat, Berkiblatlah ke 7 Negara Ini

19 Agustus 2022   21:51 Diperbarui: 19 Agustus 2022   21:57 214 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Transportasi Publik. | Sumber: Kontan.co.id

Moda transportasi umum adalah salah cara mengurai kemacetan di kota-kota besar. Akan tetapi animo masyarakat terhadap model angkutan umum ini terbilang rendah. Penyebabnya adalah manajemen moda transportasi yang belum terorganisir dengan baik.

Padahal moda transportasi publik adalah salah cara mengurangi polusi udara, konsumsi minyak dan energi serta sebagai pengurai kemacetan yang sering menjadi masalah di kota-kota besar seperti Jakarta.

Apabila dapat diatur secara baik dan disosialisasikan terus-menerus maka masyarakat akan tertarik menggunakan trasportasi publik. Sistem trasportasi yang dibangun dengan baik bukan saja membantu masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan yang datang ke negara kita. Mobilitas warga akan menjadi lancar.

Apa yang perlu dibenahi dan diperbaiki dari sistem transportasi umum kita adalah dari segi pelayanan, ketepatan waktu, dan keamanan. Selanjutnya hal yang tak kalah urgen yaitu soal kualitas kebersihan. Negara-negara dengan sistem transportasi umum terbaik di dunia selalu dengan detail dan teliti memperhatikan semua hal di atas.

Jakarta dan kota-kota besar di negata kita harus meniru negara-negara yang telah sukses dan berhasil dengan transportasi umumnya.

Berikut ini, negara-negara dengan sistem dan trasportasi publik terbaik.

Pertama, Singapura. Negara di semenanjung Malaya ini dikenal memiliki moda trasportasi umumnya yang sangat bagus baik dari segi pelayanan, kebersihan, ketepatan waktu, dan kebersihannya. Hal-hal di atas membuat nyaman para penumpang. Kenyamanan itulah yang mendorong warga di negara ini lebih memilih menggunakan trasportasi umum dari pada kenderaan pribadi.

Moda transportasi umum yang dipakai oleh Singapura adalah MRT, LRT, bus, dan taksi.

Sebagai perbandingan saja, Jakarta saat ini telah memiliki semua itu. Apa yang kurang dari kita yang harus kita pelajari dari Singapura yaitu pengaturan sistemnya yang lebih baik lagi. Semua aspek yang telah disebutkan di atas harus dibenahi sehingga kualitas transportasi umum kita menjadi lebih baik.

Jika sistemnya sudah diperbaiki maka orang akan dengan sendirinya beralih kepada transportasi umum alih-alih transportasi pribadi.

Kedua, Korea Selatan. Negara asal K-pop ini memang sangat terkenal dengan disiplin hidup warganya. Transportasi umumnya terbaik di dunia karena didukung penuh dengan kemajuan teknologinya yang cukup pesat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan