Mohon tunggu...
Fauji Yamin
Fauji Yamin Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Tak Hobi Nulis Berat-Berat

Institut Tinta Manuru (faujiyamin16@gmail.com)

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Senja di Pantai Falajawa

27 November 2022   16:42 Diperbarui: 27 November 2022   16:48 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pantai Falajawa (Dokumentasi Pribadi)

Pantai Falajawa tak pernah sepi dari pengunjung. Selalu saja ada aktivitas pagi, sore hingga malam. Dari sekedar menikmati pemandangan laut, mancing, joging dan yang paling tenar di sini ialah Batobo;berenang.

Kawasan reklamasi bernama Swering ini terletak di Kelurahan Falajawa I Kota Ternate. Pada pengertiannya, Fala berarti rumah atau kampung sementara Jawa ialah suku Jawa. 

Falajawa ialah kampung jawa. Tetapi lebih terkenal  kampung  Arab. Atau banyak dihuni oleh orang arab. Namun dalam struktrutur Kesulutanan Ternate, Jawa masuk dalam struktur Soasio.

Setiap pagi, warga mendatangi lokasi ini untuk menimati sunrise setelah melakukan aktivitas seperti joging atau sekedar mampir sebelum ke kantor dan menicipi bubur kacang hijau. Pedagang-pedagang asongan yang berjualan di sini seperti sudah tau rejeki selalu datang pagi hari. Dua hingga lebih pedagang menjajakan bubur kacang hijau di lokasi tersebut. Pun dengan  masyarakat lain yang berhenti dan memilih batobo di pagi hari. 

Batobo, (dokpri)
Batobo, (dokpri)
dokpri
dokpri

Lokasi ini merupakan salah satu lokasi yang berada tepat di pusat bisnis, pelabuhan dan pemerintahan. Sekaligus dengan lokasi berenang yang berada di tengah pusat kota. Masyarakat yang hendak batobo tak perlu lagi ke lokasi yang jauh dari rumah semisal belakang gunung hanya untuk batobo. Cukup menempuh perjalanan 10-20 menit untuk sampai ke sini.

Menjadi destinasi menikmati pemandangan alam dalam perkotaan membuat lokasi ini selalu ramai. Uniknya, saat pagi hari, masyarakat yang batobo kebanyakan orang berusia di atas 50 puluh tahun. 

Kesehatan dan terapi menjadi salah satu alasan utama orang tua ini kebanyakan berenang setiap pagi. Banyak riwayat yang serings aya peroleh dari cerita-cerita mereka. utamanya mengenai penyakit yang diderita semisal rematik, darah tinggi, stroke, jantung danpentakit kronis lain. Mereka diharuskan batobo untuk kesehatan mental dan beberapa mengakui  sembuh karena sering berenang. 

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun