Mohon tunggu...
Octivia Safhira Wati
Octivia Safhira Wati Mohon Tunggu... Jurnalis - mahasiswa

Pemula

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Yuk, Wisata Edukasi di Unit Science And Techno Park IPB

22 Mei 2019   23:20 Diperbarui: 23 Mei 2019   15:35 52 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk, Wisata Edukasi di Unit Science And Techno Park IPB
Unit Science and Techno Park IPB (dok. pribadi)

Unit Science and Techno Park IPB berada di Jalan Pinus Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Berada di daerah yang cocok untuk bercocok tanam, Unit Science and Techno Park IPB terdapat beberapa jenis tanaman buah dan sayur-sayuran hidroponik dan non-hidroponik. 

Kawasan ini mengembangkan industri terpadu pengembangan hasil pertanian. Hasil panen dari ladang tanaman organik di Unit Science and Techno Park dan petani sekitar ini akan didistribusikan  ke swalayan-swalayan di Indonesia dan juga di ekspor ke berbagai negara.

Kawasan penelitian dan juga tempat wisata edukasi ini tidak dipungut biaya masuk. Di dalamnya terdapat laboratorium penelitian dan jasa riset komersial pengembangan produk, galeri inovasi IPB, training dan meeting center, research center, guest house dan restaurant, park management, ruang terbuka hijau, dan lahan tanam sayur dan buah.

Unit Science and Techno Park ini sering dikunjungi siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas untuk melakukan kunjungan wisata edukasi. Daerah di pedesaan yang asri mendukung Unit Science and Techno Park sebagai tempat berlibur. Terdapat danau dan taman untuk berkumpul keluarga maupun hanya sekedar duduk santai menikmati suasana sejuknya taman. 

Buah yang ditanam langsung di Unit Science and Techno Park ini adalah jambu kristal dan jambu mutiara. Selain itu pasokan buah didapat dari petani yang telah bergabung di Unit Scince and Techno Park IPB ini. Bukan hanya buah-buahan yang ditanam di Unit Science and Techno Park IPB ini terdapat sayur-sayuran seperti buncis, jagung manis, terong, bayam dan masih banyak lagi.

Packaging sayur bayam (dok. pribadi)
Packaging sayur bayam (dok. pribadi)

Wisata edukasi dengan memetik buah jambu kristal dan jambu mutiara ini tidak selalu ada, tergantung musim kunjungan di saat musim panen atau tidak. Jika pengunjung beruntung dengan datang bertepatan dengan musim panen maka pengunjung dapat memetik jambu sendiri. Selain memetik jambu pengunjung juga dapat menanam dan mencangkok di Unit Science and Techno Park ini.

Petik jambu mutiara di Unit Science and Techno Park IPB (dok. pribadi)
Petik jambu mutiara di Unit Science and Techno Park IPB (dok. pribadi)

Berwisata edukasi di Unit Science and Techno Park sambil menikmati udara yang sejuk dapat menghilangkan penat dari hiruk pikuk rutinitas. Berwisata edukasi juga akan menambah wawasan lebih banyak akan pertanian ataupun bercocok tanam. Jadi, tunggu apalagi? Berwisata menghilangkan penat sembari menambah ilmu.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan