Mohon tunggu...
Obral Obrol
Obral Obrol Mohon Tunggu... Writter Newbie

Ngomongin apa saja yang bisa diomongin

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Tips Agar Lantai Beton Tidak Mudah Retak

25 Juni 2018   12:48 Diperbarui: 25 Juni 2018   13:21 3563 0 1 Mohon Tunggu...
Tips Agar Lantai Beton Tidak Mudah Retak
Gambar Ilustrasi Retak Pada Bangunan (midlandpolishedconcrete.co.uk)

Pada tulisan kali ini, saya ingin sharing atau berbagi sedikit tips mengenai alas dari sebuah bangunan, apa lagi kalau bukan lantai. Dan lantai yang akan dibahas bukanlah lantai jenis keramik atau pun marmer, tapi lantai jenis beton.

Sama halnya bagian pada dinding sebuah bangunan, permasalahan retak pada lantai beton pun kerap terjadi dan biasanya ada beberapa faktor yang membuat hal itu terjadi.

Misalnya dari tekstur atau kondisi tanah yang kurang baik, perubahan kepadatan tanah masih sering terjadi sehingga menyebabkan tekstur pada lantai beton pun mengalami perubahan dan terjadi keretakan, selain itu faktor seperti beban yang terlalu berat pada lantai kerap menjadi penyebab terjadinya keretakan pada lantai beton, terlebih bahan dalam pembuatan lantai beton tidak dengan kualitas yang baik sehingga masa ketahanan lantai pun tidak bertahan lama.

Dari beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas, berikut ini adalah tips agar lantai beton yang kamu miliki bisa awet, kuat dan memiliki masa ketahan lebih lama.

  1. Perhatikan Tekstur dan Kondisi Tanah

    Bagi yang sedang membangun, alangkah diperhatikan juga untuk kondisi lahan bangunannya. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi keadaan lantai beton yang dipasang. Jika kontur tanah mudah bergerak atau labil serta tidak padat, maka akan dengan mudah lantai beton akan retak bahkan hancur.
  2. Pilih Bahan Dasar Berkualitas untuk Lantai Beton 

    Pembuatan lantai beton ditentukan dari bahan dasar seperti pasir, kerikil, pasir dan yang tidak kalah penting adalah semen. Berhubung banyak merk semen di pasaran yang menawarkan kualitas, maka jangan sampai salah pilih untuk menggunakan semen yang sudah terpercaya.
  3. Menambal Lantai Beton

    Menambal lantai yang retak disarankan sedari dini, saat mengetahui keadaan lantai terlihat retak. Jangan tunggu terlalu lama dan retakan semakin melebar, karena untuk mempermudah perbaikannya. Jika memang sudah parah, alangkah baiknya ditambahkan penyangga pada beberapa titik sudut lantai agar memperkuat pengecoran pada beton.
  4. Memberikan Lapisan Epoxy Ke Lantai Beton

    Pernah lihat kan lantai yang kincong tapi bukan keramik atau jenis lantai marmer. Yup, dengan epoxy lantai akan terlihat kinclong seperti kaca. Biasanya penggunaan ini banyak terdapat pada lantai pabrik -- pabrik guna memudahkan pergerakan. Nah, untuk itu saya coba menggunakan jasa epoxy lantai untuk membuat lantai di rumah saya terlihat kinclong, selain itu memang berfungsi menguatkan pada kontur lantai rumah saya.

Nah, Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan kepada pembaca sekalian terutama bagi yang sedang memiliki masalah pada lantai beton yang dimiliki. Tak lupa juga bagi anda yang sedang membangun rumah atau bangunan lainnya, silakan dicoba tips sederhana tersebut. Tips ini ditulis karena berdasarkan pengalaman  dan cukup berhasil untuk diterapkan. Terima kasih atas perhatiannya.

VIDEO PILIHAN