Mohon tunggu...
Tekno

Sistem Informasi Register Event dan Ticketing dalam Satu Tempat "Lagirame"

27 Maret 2017   08:37 Diperbarui: 27 Maret 2017   09:00 1411 0 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan massal merupakan hal yang menjadi bagian dari budaya umat manusia untuk berkumpul dan melakukan sesuatu. Pengumpulan orang dengan jumlah banyak dalam satu tempat untuk melakukan kegiatan ini sering kita dengar dengan istilah event. Banyak event di kota - kota besar di Indonesia digelar setiap bulannya. Event menawarkan berbagai kegiatan menarik untuk masyarakat dengan kategori tertentu. Misal konser musik yang akan mengajak seluruh penikmat musik untuk datang menikmati suguhan penyanyi atau band yang diundang promotor, demikian dengan Book Fair yang diselenggarakan sebuah kelompok usaha mengajak para pembaca untuk menyambangi kegiatan tersebut sekaligus belanja buku. 

Terselanggaranya sebuah event tidak terlepas dari dua komponen. Komponen tersebut adalah penyelenggara event, yang berupa panitia maupun event organizer dan juga peserta event. Tanpa peserta maka tidak bisa sebuah event bisa terselenggara. Dari sisi penyelenggara, mereka ingin mendapatkan banyak peserta untuk event mereka produksi. Namun dari sisi masyarakat, perlu juga untuk mendapatkan  informasi lengkap mengenai berbagai event yang digelar dan bagaimana mereka dapat turut serta dalam event tersebut. Penyelenggara terkadang mengalami kendala dalam mengumpulkan cukup banyak peserta padahal peserta juga perlu mendapat informasi lengkap mengenai event yang ada di kota asal.

Berdasarkan kajian dan latar belakang masalah di atas maka diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan para penyelenggara event untuk mempromosikan event mereka sekaligus menjual tiket dan memberikan informasi bagi para calon peserta event tentang berbagai macam informasi event yang akan diselenggarakan di kota asal mereka. Dari masalah yang dipaparkan diatas maka penulis berupaya untuk mengembangkan sebuah sistem informasi yang memungkinkan untuk membantu kinerja kedua unsur dalam event tersebut dalam satu sistem.

 Sistem yang dikembangkan merupakan web yang dapat di akses masyarakat dengan berbagai konten yang memudahkan masyarakat untuk memilih event yang mereka suka dan memudahkan penyelenggara agar mendapatkan peserta dan terpromosikannya event. Penyelenggara event akan masuk sebagai member untuk mendapatkan akses membuat event dan menampilkannya dalam halaman utama, sedangkan calon peserta dapat secara bebas melihat berbagai event yang dibuat penyelenggara pada halaman utama. Untuk dapat melakukan transaksi atau pembelian tiket, peserta dapat mendaftar dan login sebagai member. Tahap perancangan sistem meliputi pembuatan deskripsi use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram serta perancangan database. 

Sistem dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework Codeigniter serta MySQL yang digunakan sebagai penyimpanan database. Pembuatan sistem informasi tersebut merupakan hasil tugas akhir penulis sebagai mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA jurusan D3 Teknik Informatika di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Hasil yang diharapkan dari pembuatan sistem informasi manajemen event tersebut adalah sebagai sarana promosi event dan informasi event bagi masyarakat. 

 

VIDEO PILIHAN