Mohon tunggu...
Nashyatul Zahwa
Nashyatul Zahwa Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember 2019

191910501046

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pengaruh Sektor Pariwisata terhadap Perekonomian Kota Kediri

29 Oktober 2019   01:29 Diperbarui: 29 Oktober 2019   02:40 304 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pariwisata merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh manusia dengan cara perorangan maupun dalam kelompok di suatu wilayah negara sendiri atau negara lain (Karyono, 1997). Pariwisata berasal dari dua suku kata yaitu "pari" yang memiliki arti berkali-kali, berputar-putar, atau lengkap dan "wisata" dengan artian sebagai perjalanan, bepergian (Yoeti, 1996). Menurut Saleh Wahab (1992) mengatakan bahwa pariwisata adalah salah satu jenis industri baru yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta menyediakan banyak lapangan kerja baru sehingga membuat adanya penghasilan yang meningkat dan mampu mensejahterakan standar hidup dari beberapa sektor produktif lainnya. Sehingga banyak pemerintah yang akhirnya memanfaatkan sektor pariwisata untuk dijadikan penanggulangan dalam faktor perekonomian untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan merendahkan jumlah angka pengangguran.

Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan, Provinsi Jawa Timur berpotensi memiliki objek pariwisata yang tinggi berdasarkan pada potensi sektor pariwisata (Annisa, 2013). Alasan sektor pariwisata di Jawa Timur bernilai tinggi dikarenakan banyaknya wilayah dengan luas yang sangat besar, yaitu sebesar 47.800 km. Oleh sebab itu, Jawa Timur dapat menonjol pada setiap daerahnya untuk sektor pariwisata. Banyaknya jumlah pariwisata yang ada di wilayah Jawa Timur masih banyak yang belum terlihat seperti peninggalan atau situs-situs tentang sejarah (Spillane J.J., 1987). Dengan banyaknya peninggalan atau tempat bersejarah seperti itu sangat disayangkan apabila kurangnya pengetahuan masyarakat tentang sesuatu hal yang berharga dan perlu tetap dilestarikan agar dapat dilihat secara turun temurun. Pada wilayah Jawa Timur, salah satu daerahnya yang juga melakukan banyak pengembangan tempat-tempat wisata di daerahnya yaitu di Kediri.

Kediri merupakan suatu kota/kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kediri memiliki segudang keindahan alam yang akan membuat siapa saja yang melihatnya akan tertarik dengan pesonanya yang tidak banyak orang tahu. Kota ini memiliki berbagai macam tempat wisata yang sangat menarik dan tentunya tidak boleh dilewatkan untuk tidak dikunjungi, antara lain pemandangan dari beberapa gunung, goa, peninggalan atau situs sejarah, banyaknya spot untuk mengabadikan foto-foto bersama orang terkasih, air terjun, hingga tempat wisata buatan yang sengaja dibuat oleh warga setempat dengan tujuan menarik peminat para wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Kediri. Beberapa spot tempat wisata di Kediri yang populer ada Gunung Kelud, Gunung Klotok, Monumen Simpang Lima Gumul, Gumul Paradise Island, Kediri Waterpark, Alun-alun Kota Kediri, Kampung Inggris Pare Kediri, Kebun Bunga Matahari, Masjid Agung Kota Kediri, Pura Penataran Agung Kilisuci, Air Terjun Dolo, Air Terjun Irenggolo, Goa Selomangleng, Goa Maria Pohsarang, Candi Surawana, Petilasan Sri Aji Jayabaya, dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini  akan membahas lebih lanjut terkait  dampak serta pengaruh adanya ekonomi pariwisata dan strategi apa yang dilakukan agar pariwisata di Kota Kediri tetap berjalan sesuai dengan visi dan misinya secara berkala dan mampu bersaing dengan yang lainnya. Membahas tentang dampak yang ditimbulkan dari ekonomi pariwisata tentunya banyak sekali, seperti semakin meningkatnya ekonomi atau penghasilan karena banyak sekali para wisatawan yang datang mengunjungi Kota Kediri untuk melakukan kegiatan wisatanya. Adanya para pengunjung dengan jumlah yang sangat banyak, tidak menutupi kemungkinan menyebabkan terjualnya barang atau produk dagangan yang dipasarkan pun akan semakin meningkat, sehingga kegiatan ini juga mampu membuka banyak lapangan kerja baru untuk warga dan menciptakan inovasi baru untuk dagangannya. Selain itu, masyarakat khususnya Kota Kediri akan mendapatkan peran yang penting untuk melakukan penjagaan kota secara aman, nyaman, dan tetap menjaga lingkungan selalu bersih. Sehingga, tidak membuat para wisatawan kecewa saat melakukan kunjungan wisata. Selain itu, dampak yang dapat dirasakan adalah sebagai warga negara yang baik juga mampu ikut melestarikan keragaman dan kekayaan serta nilai kebudayaan yang dimiliki di wilayah Kediri karena telah mampu menjaga kelestarian alam yang ada. Dan juga, secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk tetap mengingat dan menghargai kebudayaan yang diberikan secara turun temurun ini. Semakin tinggi layanan yang diberikan pada suatu wilayah dalam sektor pariwisata, maka akan semakin tinggi pula minat banyak orang ingin berkunjung. Sehingga pendapatan yang dihasilkan dari adanya banyak wisatawan yang datang juga akan membantu perekonomian pemerintahan di dalam kota itu sendiri.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk tetap selalu menarik peminat para wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Kediri, yaitu dengan melakukan beberapa strategi diantaranya adalah melakukan kegiatan promosi yang terus menerus dengan tata gaya yang kreatif, inovatif, serta mampu memikat hati setiap orang yang melihatnya. Di era digital saat ini, promosi bukanlah hal yang sulit lagi karena selain melakukan promosi dengan pemasangan iklan atau memasang papan reklame di pinggir jalan ataupun membagikan brosur-brosur pada setiap orang yang berlalu-lalang. Kegiatan promosi juga dapat dilakukan di berbagai media sosial seperti pada platform facebook, twitter, Instagram, YouTube, maupun platform yang lainnya. Tidak hanya dengan itu saja, hal yang paling penting adalah meningkatkan jasa layanan serta kualitas penyediaan sarana dan prasarana yang ada di setiap tempat wisata di Kota Kediri dengan semakin baik untuk kedepannya, dan selalu memastikan sarana transportasi juga harus sesuai standar yang sudah ditentukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila itu semua dapat dilakukan secara seimbang dan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan warga khususnya di Kota Kediri maka tujuan adanya perekonomian pariwisata di Kediri akan berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan