Mohon tunggu...
Nyayu Fatimah Zahroh
Nyayu Fatimah Zahroh Mohon Tunggu... Everything starts from my eyes

Coba sekekali lihat ke langit setiap hari, dan rasakan betapa membahagiakannya \r\n\r\nhttp://nyayufatimahzahroh.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Proteksi Diri dari Virus Corona Melalui Sun Medical Platinum

17 Maret 2020   10:28 Diperbarui: 17 Maret 2020   10:31 265 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Proteksi Diri dari Virus Corona Melalui Sun Medical Platinum
Sumber: shutterstock

"Berasa ngga sih kalau akhir-akhir ini banyak yang terserang penyakit?" Secara tidak sengaja saya memperhatikan kondisi di lingkungan kantor yang ternyata banyak yang sedang sakit seperti demam, flu, dan batuk.

Tidak hanya di tempat kerja, di lingkungan sekolah anak saya pun banyak yang sedang sakit, sampai-sampai jumlah siswa yang masuk hanya 60 %-nya.

Hal ini, tentu saja menjadi peringatan untuk orang-orang di sekitarnya untuk menjaga kesehatan agar tidak terkena penyebaran penyakit-penyakit tersebut.

Kondisi cuaca yang sering turun hujan pun mendukung dalam proses penyebarannya. Pada musim hujan, suatu wilayah cenderung sering tertutup awan dan awan tersebut menutupi masuknya sinar matahari ke bumi sehingga suhu permukaan bumi menjadi lebih rendah.

Selain itu, pada musim hujan, kelembaban udara cenderung lebih tinggi hingga mencapai 100%. Pada kelembaban yang tinggi, percikan lendir dari orang yang terkena flu tidak menguap dengan sempurna sehingga virus kurang bisa menginfeksi sel.

Pada kondisi inilah virus influenza cepat menyebar dari orang ke orang. Untuk wilayah lintang menegah, kondisi penyebaran virus akan lebih cepat pada musim dingin dimana temperatur dan kelembaban udara rendah.

Kasus penyebaran virus yang akhir-akhir ini sedang viral adalah Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang menyerang warga secara massive di Wuhan, China.

Akibat kejadian yang luar biasa ini, warga Wuhan terpaksa diisolasi dan menyebabkan sepinya lingkungan di Wuhan seperti yang dilaporkan oleh Kompas TV pada tanggal 25 Januari 2020.

Hal ini pun menjadi perhatian dunia termasuk Singapura, Thailand, Amerika Serikat sampai Arab Saudi dimana Virus Corona terdeteksi. Sampai saat ini (17 Maret 2020) sudah lebih dari 182 ribu kasus yang telah dikonfirmasi terkena virus corona di seluruh dunia dan 134 kasus dari Indonesia (sumber data: Johns Hopkins CSSE).

Peta penyebaran virus corona di dunia (sumber: Johns Hopkins CSSE)
Peta penyebaran virus corona di dunia (sumber: Johns Hopkins CSSE)

Sama halnya dengan penyebaran virus influenza, coronavirus menyebar pada kondisi temperatur dan kelembaban udara yang rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x