Mohon tunggu...
Nuzul Ilmiawan
Nuzul Ilmiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saat ini tengah menjalani studi S1 Sastra Indonesia di Universitas Andalas, Padang. Lahir di Bireun, 19 Oktober 2001. Bercita-cita menjadi wartawan musik selepas membaca buku Nice Boys Don't Write Rock N Roll oleh Nuran Wibisono. Kalau bisa sih jadi musisi ya. Tapi, yah bener kalau bisa sih jadi musisi. lol.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Romansa Oasis dan Britpop yang Hampir Mati

29 Agustus 2021   14:53 Diperbarui: 29 Agustus 2021   15:36 226 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Romansa Oasis dan Britpop yang Hampir Mati
Anggota Oasis di sebuah bandara. Sumber: instagram.com/oasis

Juli lalu, Oasis mengumumkan tanggal rilis untuk film dokumenter sinematik mereka yang siap dinanti para fansnya, "Oasis Knebworth 1996".

Dokumenter itu merupakan bentuk perayaan 25 tahun pertunjukan legendaris Oasis pada Agustus 1996. Sekilas dari trailer yang ditampilkan, dokumenter itu tak hanya berisi arsip konser, namun juga memunculkan cuplikan backstage yang belum pernah dilihat sebelumnya. Serta adanya wawancara tambahan.

Apa yang spesial dari konser mereka di Knebworth 1996? Band-band seperti Queen dan Led Zeppelin pernah tampil di depan banyak orang di Knebworth di tahun 70-an dan 80-an. Tetapi Oasis, memegang rekor penonton terbesar. Oasis manggung di hadapan 125.000 orang setiap malam: totalnya seperempat juta orang (konser 2 malam). 

Dua konser Oasis itu memecahkan rekor di Knebworth yang berlangsung pada 10 & 11 Agustus 1996. Lebih dari seperempat juta anak-anak muda dari seluruh dunia berkumpul di Knebworth Park, Hertfordshire untuk melihat set legendaris itu. Tiket yang mulai dijual pada 11 Mei 1996, sukses ludes kurang dari 24 jam. Dan itu memecahkan setiap rekor box office Inggris kala itu. 

Lebih dari 2 persen penduduk Inggris mencoba mendapatkan tiket untuk melihat Oasis di Knebwort. Konser itu kini menjadi salah satu konser outdoor terbesar yang pernah terjadi di tahun 90-an.

Dokumenter itu akan dirilis pada 23 September. Tapi semua itu takkan terjadi tanpa debut album "Definitely Maybe".

Hari ini, 29 Agustus di tahun 1994, Oasis merilis debut album mereka, "Definitely Maybe", yang  mendapatkan pujian besar dan kesuksesan supersonik. Album itu pun menjadi album debut dengan penjualan tercepat di Inggris dengan terjual lebih dari delapan juta kopi di seluruh dunia. Oasis melesat menjadi bintang di tahun itu. 

Tonight i'm a rock 'n' roll star (Rock 'n' Roll Star). Mereka berhasil.

Sebagai salah satu band Inggris yang paling populer bersama Blur dan Suede, mereka dianggap bertanggung jawab untuk mengembalikan Britpop ke puncak tangga lagu. Dengan dipimpin oleh gitaris sekaligus penulis lagu, Noel Gallagher, mereka mengadopsi citra The Stones dan The Who. 

Terkesan liar yang mengasyikkan sekaligus menyebalkan. Memadukannya dengan melodi dan nuansa The Beatles, lantas menyuntikkan lirik dan struktur lagu yang memperkuat khas Inggris seperti The Jam dan The Kinks. Satu hal yang pasti, citra punk yang gemar memberontak dan sombong, melekat pada mereka. 

Awalnya, grup ini dibentuk oleh teman sekolahnya Liam Gallagher (vokal), Paul "Bonehead" Arthurs (gitar), Paul McGuigan (bass), dan Tony McCaroll (drum). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan