Mohon tunggu...
Nur Wahyuni
Nur Wahyuni Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Menelusuri Uniknya Pabrik Tahu Serasi Bandungan : Olahan Kreatif Untuk Masa Depan

26 Mei 2017   00:08 Diperbarui: 27 Mei 2017   19:03 5087
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama di depan Pabrik Tahu Serasi Bandungan biar kelihatan serasi donk

Sebagai desa wisata tentu saja banyak sekali obyek wisata menarik di Bandungan yang sering menjadi sasaran pengunjung, misalnya Candi Gedong Songo. Selain Candi Gedong Songo, Bandungan juga terkenal dengan makanan khasnya lho yaitu Tahu Serasi. Apakah tahu serasi itu ? Tahu Serasi merupakan nama sejenis camilan hangat dari Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Tahu Serasi ini ternyata di ambil dari slogan ibu kota Kabupaten Semarang lho yaitu Ungaran Serasi. Pabrik Tahu Serasi Bandungan merupakan salah satu industri kreatif yang produk unggulannya adalah tahu serasi, eiits tapi jangan salah ya selain tahu serasi ada juga lho produk olahan lainnya yang membuat pabrik ini beda dari pabrik lainnya, Mau tahu apa keunikan dari pabrik tahu serasi bandungan terutama dalam produk olahannya, Mari kita telusuri uniknya Pabrik Tahu Serasi Bandungan dengan baca artikel di bawah ini !!! SELAMAT MEMBACA :-)

Industri Pabrik Tahu Serasi Bandungan terletak di Desa Duren, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Pemilik dari industri ini adalah Ibu Hj. Khotijah. Beliau telah menjalankan bisnis Tahu Serasi ini selama 14 tahun. Sekarang Usaha Tahu Serasi Ibu Khotijah memiliki 13 karyawan, yang terdiri dari 2 laki-laki dan 11 perempuan. Usia rata-rata para pegawai yaitu berkisar antara 35 tahun sampai dengan 40 tahun. Mereka merupakan warga yang tinggal didaerah sekitar tempat industri. Industri tahu Pabrik Tahu Serasi Bandungan saat ini dikelola oleh Ibu Tri Rahayu yang telah bekerja selama 5 tahun. Industri tahu Serasi ini setiap harinya beroperasi mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Sedangkan upah yang diberikan setiap harinya untuk setiap pekerja yaitu sebesar Rp50.000,00.

Karyawannya aja serasi apalagi tahunya, hehehe (salah satu karyawan Pabrik Tahu Serasi Bandungan)
Karyawannya aja serasi apalagi tahunya, hehehe (salah satu karyawan Pabrik Tahu Serasi Bandungan)
Pada saat kami berkunjung ke pabrik tahu serasih bandungan ini, sayangnya kami tidak bisa bertemu langsung dengan pemilik pabrik tahu serasi bandungan karena kebetulan hari itu beliau masih ada acara di tempat lain, agak sedikit kecewa sih awalnya, tapi kekecewaan itu terbayarkan karena kami disambut hangat oleh pengelola pabrik tahu serasi yaitu Ibu Tri Rahayu. Beliau merupakan salah satu karyawan kepercayaan dari ibu khotijah, "katanya karyawan yang lain sih gitu hehehe." Disana kami belajar banyak tentang industri pabrik tahu serasih Bandungan bahkan kita belajar tentang proses pembuatan tahu serasih lho. Ternyata kalau dilihat-lihat dalam Proses pembuatannya, tahu serasi ini sangat higenis lho gaes, mulai dari perendaman biji kedelai hingga penggilingan kasar dan penggilingan halus yang sudah dilakukan dengan bantuan mesin.

Bungkus dulu tahunya ya jangan membungkus kenangan pahit melulu hehehe (Mahasiswa belajar membuat tahu serasi dipandu dengan Ibu Tri Rahayu)
Bungkus dulu tahunya ya jangan membungkus kenangan pahit melulu hehehe (Mahasiswa belajar membuat tahu serasi dipandu dengan Ibu Tri Rahayu)
Alat press seberat 50 Kg untuk menggencet tahu yang malang (salah satu alat khas Pabrik Tahu Serasi Bandungan dalam pembuatan tahu serasi)
Alat press seberat 50 Kg untuk menggencet tahu yang malang (salah satu alat khas Pabrik Tahu Serasi Bandungan dalam pembuatan tahu serasi)
kemas-kemas dulu tahu serasinya biar kelihatan serasi (proses pengemasan tahu serasi)
kemas-kemas dulu tahu serasinya biar kelihatan serasi (proses pengemasan tahu serasi)
Hasil dari produksi Tahu Serasi ini kemudian akan  didistribusikan ke restoran dan pasar-pasar di Semarang dan sepertiga hasil produksi tahu didistribusikan ke Surabaya dengan menggunakan travel. Tahu Serasi dapat bertahan selamat tiga hari. "waah,wahh,wahh.. jika dibandingkan dengan produk tahu lainnya tahu serasi buatan pabrik ini bisa dibilang awet ya gaes, menurut ibu tri rahayu hal ini dikarenakan proses pembuatan tahunya yang khas yaitu menggunakan alat pemberat 50kg lho untuk meniriskan kadar air dalam tahunya." Selain itu ada juga yang menarik lho dalam proses pembuatan tahu serasi yaitu dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memanfaatkan limbah yang dihasilkan, Limbah dari proses pembuatan tahu Serasi dimanfaatkan untuk memberi pakan serta minuman untuk hewan ternak masyarakat sekitar. Sedangkan ampas atau sisa dari pembuatan tahu digunakan untuk membuat gembus dan kemudian dijual di pasar.

eiits Tunggu dulu gaes Ada juga lho produk olahan lain yaitu Tempe kedelai. Tempe yang diproduksi di pabrik ini berbeda dengan tempe pada umunya. Tempe ini dibungkus dengan menggunakan daun andong "wah-wah mengapa memakai daun andong ya." Ternyata Penggunaan daun andong ini sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam lho. Selain itu penggunaan daun andong dinilai lebih ramah lingkungan dibanding dengan memakai plastik.

Produk olahan kreatif lainnya di pabrik ini selain Tahu Serasi yaitu ada susu kedelai, tempe kedelai, dan Tempe Gembus, ada juga produk kreatif lain yang dihasilkan di pabrik ini yaitu krupuk tahu. "Kenapa krupuk tahu dibilang produk yang kreatif ?" jawabannya adalah karena Krupuk tahu ini dibuat dari tahu Serasi yang tersisa, tidak habis dijual. Sebagai pemanfaatan industri kreatif, maka Ibu Khotijah menjadikan tahu-tahu tersebut menjadi krupuk. Tahu Serasi yang sudah jadi tadi diiris kotak-kotak, kemudian dijemur hingga kering, dan krupuk tahu siap dipanen. Tetapi karena sekarang ini Tahu Serasi sangat laris di pasaran, maka produksi tahu yang dibuat Ibu Kotijah dan anak buahnya ini selalu habis dan tidak ada sisa lagi.

produk olahan yang kreatif dan inovatif khas Pabrik Tahu Serasi Bandungan
produk olahan yang kreatif dan inovatif khas Pabrik Tahu Serasi Bandungan
Berbagai produk olahan yang diproduksi di Pabrik Tahu Serasih Bandungan adalah sebagai wujud sebuah industri kreatif yang dibuat oleh Ibu Khotijah. Keunikan dari Pabrik Tahu Bandungan ini adalah Berawal dari kedelai, bisa menjadikan berbagai macam produk olahan dan tidak menyisakan ataupun membuang bagian dari kedelai tersebut sungguh luar biasahlah pokoknya. Pabrik Tahu Serasi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha baru yang bermanfaat bagi warga sekitar Bandungan, karena dapat mengurangi jumlah pengangguran dengan cara merekrut pekerja. Upaya tersebut merupakan bentuk pengabdian diri kepada masyarakat yaitu dapat memanfaatkan sumber daya manusianya. 

Yuk tunggu apalagi kalau berwisata ke semarang jangan lupa mampir ke pabrik tahu serasi bandungan ya untuk menikmati berbagai olahan yang enak-enak hehehe. Dijamin kenyanglah pokoknya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun