Mohon tunggu...
Nurul Syahida
Nurul Syahida Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya merupakan mahasiswa tingkat akhir di salah satu universitas di sukabumi.

Menulislah bagaimanapun kondisimu, maka kamu akan merasakan ketentraman jiwa, tuangkan segala bentuk pikiranmu kedalam tulisan, suatu saat nanti kamu akan bersyukur telah melawati masa-masa sulit dalam hidupmu.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Peningkatan Etika dalam Mencegah Penyakit Birokrasi Guna Mewujudkan Good Governance di Indonesia

29 Januari 2022   09:18 Diperbarui: 29 Januari 2022   09:18 77 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
transparency Internation indonesia

Birokrasi pemerintah merupakan instrumen penting dalam kehidupan bernegara, dimana eksistensinya akan tercermin dari pelaksanaan tugas utamanya dalam hal pembangunan dan pelayanan publik. 

Birokrasi selalu menerima citra buruk yang merugikan bagi peningkatan birokrasi itu sendiri khususnya dalam pelayanan publik. 

Birokrasi tidak lagi mampu memposisikan diri sebagai sebuah institusi yang tidak tersentuh oleh kritik dari pihak eksternal birokrasi. 

Tuntutan masyarakat mengenai perlunya dilakukan perbaikan kualitas pelayanan publik telah menjadi masukan publik dari lama hingga saat ini. 

Dalam keadaan yang demikian, maka birokrasi pemerintah harus mampu melakukan inovasi demi kepentingan negara agar mampu menyelenggarakan fungsinya dengan baik, birokrasi harus mampu berpegang teguh pada berbagai peraturan yang berlaku.  

Tuntutan akan perubahan disegala aspek kehidupan, pada dasarnya akan bermuara pada pemerintah sebagai penyelenggara ketatanegaraan, dimana birokrasi merupakan salah satu komponen dari unsur pemerintahan yang mempunyai posisi dan peran yang sangat signifikan dalam menjalankan roda pemerintahan. 

Reformasi telah membawa harapan baru bagi masyarakat karena memberikan peluang akan lahirnya demokrasi dan transparansi di berbagai aspek kehidupan, termasuk didalamnya sebagai salah satu instrumen negara. 

Tingginya tuntutan masyarakat akan adanya perubahan dan perbaikan telah mendorong pemerintah untuk melakukan perubahan dan perbaikan, pada akhirnya memaksa pemerintah selaku penyelenggara pemerintahan dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance yakni akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat.

Merebaknya tradisi memupuk kekayaan mengakibatkan rusaknya sistem perekonomian, oleh karena itu korupsi terus saja mengakar bahkan seperti sudah mendarah daging dan turun menurun. 

Masyarakat sudah jengah oleh kelakuan para pemangku kebijakan yang memiliki mental koruptor didalam dirinya sehingga merugikan negara pada akhirnya berdampak buruk bagi seluruh masyarakat. 

Jika ada niatan yang tegas dan tindakan yang berani dari pemerintah untuk memberantas korupsi hingga orang tidak memiliki niat bahkan merasa takut untuk melakukan korupsi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan