2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1
Â
Oleh            : Sumiani, S. Pd.
Angkatan        : enam
Tahun           : 2022
Asal Sekolah      : SMP Negeri 1 Wangi-Wangi
Fasilitator        : Drs. Arifudin
Pengajar praktik   : Jasman, S. Pd.
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang memuat serangkaian kegiatan yang mengakomodir seluruh kebutuhan siswa. Dalam pembelajaran, kita mengenal tiga bentuk diferensiasi yakni: 1) diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Lantas bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas? Untuk bisa melakukan diferensiasi dalam proses belajar tentunya guru harus memetakan kebutuhan belajar siswa mulai dari tahap persiapan belajar, minat sampai pada profil belajar siswa.
Pada tahap identifikasi kesiapan belajar siswa guru mengacu pada ide yang bersifat mendasar- bersifat transformative; konsep abstrak-konkret; materi sederhana-kompleks; tugas yang terstruktur-terbuka; tergantung-mandiri; serta cepat atau lambatnya siswa merespons pertanyaan atau pernyataan guru seputar pengetahuan, konsep dan keterampilan awal.