Mohon tunggu...
Sumiani
Sumiani Mohon Tunggu... Asisten Rumah Tangga - in sya Allah bisa

ditanganmu ada karya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.1.a.9 Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

9 November 2022   16:08 Diperbarui: 9 November 2022   16:12 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1

 

Oleh                       : Sumiani, S. Pd.

Angkatan               : enam

Tahun                     : 2022

Asal Sekolah          : SMP Negeri 1 Wangi-Wangi

Fasilitator               : Drs. Arifudin

Pengajar praktik     : Jasman, S. Pd.

Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang memuat serangkaian kegiatan yang mengakomodir seluruh kebutuhan siswa. Dalam pembelajaran, kita mengenal tiga bentuk diferensiasi yakni: 1) diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Lantas bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas? Untuk bisa melakukan diferensiasi dalam proses belajar tentunya guru harus memetakan kebutuhan belajar siswa mulai dari tahap persiapan belajar, minat sampai pada profil belajar siswa.

Pada tahap identifikasi kesiapan belajar siswa guru mengacu pada ide yang bersifat mendasar- bersifat transformative; konsep abstrak-konkret; materi sederhana-kompleks; tugas yang terstruktur-terbuka; tergantung-mandiri; serta cepat atau lambatnya siswa merespons pertanyaan atau pernyataan guru seputar pengetahuan, konsep dan keterampilan awal.

Pada tahap minat, guru mengacu pada kegiatan menciptakan situasi pembelajaran yang menarik perhatian murid (misalnya dengan humor, menciptakan kejutan-kejutan, dsb); menciptakan konteks pembelajaran yang dikaitkan dengan minat individu murid; mengkomunikasikan nilai manfaat dari apa yang dipelajari murid; menciptakan kesempatan-kesempatan belajar di mana murid dapat memecahkan persoalan (problem-based learning).

Sedang pada tahap profil belajar siswa, guru mengacu pada preferensi terhadap lingkungan belajar, misalnya terkait dengan suhu ruangan, tingkat kebisingan, jumlah cahaya, apakah lingkungan belajarnya terstruktur/tidak terstruktur, dsb. Contohnya: mungkin ada anak yang tidak dapat belajar di ruangan yang terlalu dingin, terlalu bising, terlalu terang, dsb.; pengaruh budaya: santai - terstruktur, pendiam - ekspresif, personal -- impersonal; dan preferensi gaya belajar.

Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.

 Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal dengan cara melakukan pembelajaran sesuai dengan hasil pemetaan mulai dari kesiapan, minat, maupun profil siswa. Berdasarkan data dari pemetaan tersebut guru dapat menyajikan materi melalui diferensiasi konten yang berbeda sesuai dengan kebutuhan murid yang telah dipetakan. Disamping itu, guru juga akan melakukan diferensiasi proses dan produk dalam pemberian tugas, sehingga optimalisasi hasil pembelajaran tercipta. Saya melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain yang saya pelajari sebelumnya di program pendidikan guru penggerak saling berkesinambungan dan memiliki tujuan yang sama yakni menciptakan manusia seutuhnya dengan kebahagian hidup yang setinggi-tingginya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun