Pengertian hasil belajar
Belajar adalah suatu aktifitas sadar yang dilakukan oleh individu melalui latihan maupun pengalaman yang menghasilkan perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Hasil belajar adalah suatu hal yang sudah dicapai dalam suatu tujuan pembelajaran.
Hasil belajar pada hakikatnya suatu keberhasilan atau pencapaian sebuah kompentensi yang berasal dari beberapa aspek yaitu aspek pengetahuan aspek keterampilan, sikap dan nilai nilai yang diwujudkan dalam berfikir dan bertindak.
Hasil belajar juga menjadi tolak ukur keberhasilan siswa dalam sebuah pembelajaran yang sudah disampaikan oleh guru dalam materi pembelajarannya
Hasil belajar akidah akhlakÂ
Hasil belajar dalam pembelajaran akidah akhlak akan membawakan dampak yang sangat bagus karena pendidikan akidah akhlak itu menjadi tolak ukur untuk siswa berbuat baik sesuai dengan prinsip akidah atau malah sebaliknya. jika pembelajaran akidah akhlak diterapkan sebaik mungkin maka baiklah prilaku siswa justru sebaliknya jika tidak diterapkan sesuan prinsip dan tujuan maka akan rusak tingkah laku seseorang.
tujuan hasil belajar yaitu untuk mengetahui perubahan-perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar dapat diukur melalui tes atau penilaian hasil belajar dan nilainya diketahui dalam bentuk angka atau huruf. Penilaian hasil belajar memiliki tujuan sendiri dalam pembelajaran akan tetapi saling keterkaitan.
Faktor yang mempengaruhi hasil belajarÂ
Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa itu ada dua berasal dari faktor internal dan eksternalÂ
faktor internal adalah berasal dari dalam diri siswa itu sendiri misalnya dari segi psikis dan psikologisÂ
Faktor eksternal adalah faktor yang datangnya dari luar pribadi siswa misal lingkungan masyarakat sekitar, lingkungan sekolah dan lingkungan lingkungan keluargaÂ