Mohon tunggu...
Nurul Rahmah Annisa
Nurul Rahmah Annisa Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi di Universitas Pendidikan Indonesia

Work hard, play hard.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI: Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa

27 September 2021   22:34 Diperbarui: 27 September 2021   22:46 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media pembelajaran secara  umum merupakan sarana atau alat yang dapat digunakan dalam proses menyampaikan pembelajaran kepada siswa oleh pengajar. Adapun beberapa jenis media pembelajaran yang biasa digunakan berbentuk audio, visual, maupun audio visual diam atau bergerak. 

Penggunaan media pembelajaran ini digunakan bertujuan untuk memberikan kesan menarik pada siswa, agar siswa tidak merasa jenuh selama proses pembelajaran. 

Media pembelajaran juga dapat membantu dalam mempermudah siswa memahami materi pembelajaran yang disampaikan.

Dengan penggunaan media pembelajaran ini tidak hanya siswa yang terbantu, tetapi juga pengajar yang dapat lebih mudah dalam penyampaian materi pembelajaran, secara efektif dan efisien. Melalui media pembelajaran juga pengajar dapat menemukan bakat-bakat siswa yang sebelumnya tidak terlihat. Dan dapat membuat siswa merasa lebih semangat dalam proses pembelajaran.

Lalu apa itu keterampilan berbahasa? Bahasa sendiri merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau pemikiran seseorang secara lisan maupun tulisan. 

Sedangkan keterampilan berbahasa merupakan kemampuan dasar seorang individu dalam berkomunikasi dan menyimak dalam suatu bahasa. Adapun 4 keterampilan berbahasa dasar yang harus dikuasai tiap siswa adalah menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). 

Bagaimana penggunaan media pembelajaran bisa meningkatkan keterampilan berbahasa siswa? Di era pandemi saat ini proses pembelajaran menjadi beralih menggunakan sistem daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada. 

Dengan begitu pula pengajar harus mencari dan menggunakan media pembelajaran baru yang dapat menggunakan secara daring dan tetap menarik bagi siswa yang harus berlajar dari rumah. 

Dengan begitu saya sebagai mahasiswa menyarankan untuk penggunaan media pembelajaran yang attractive dengan bantuan teknologi yang ada untuk dapat meningkatkan keterampilan berbahasa siswa.

Selaras dengan 4 keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa, para pengajar dapat menggunakan teknologi yang sudah sangat berkembang saat ini. 

Seperti untuk keterampilan menyimak (listening) pengajar dapat menggunakan rekaman video ataupun audio dalam penyampaian materi pembelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun