Mohon tunggu...
Nurul Hidayati
Nurul Hidayati Mohon Tunggu... Guru - guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Kabupaten Serang, Prov. Banten

Seorang ibu guru yang berusaha sebaik baiknya menjadi seseorang yang bermanfaat bagi sekitarnya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 1.1 dan 1.2

17 September 2023   17:32 Diperbarui: 17 September 2023   17:33 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KOnEKsI AnTAR MATERI

MODUL 1.1 DAn MODUL 1.2

Berikut ini adalah pengalama  saya setelah menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2, dan saya menggunakan model refleksi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran dan Penerapan ke depan:

PERIsTIwA

Momen yang sangat pemting dan menghadirkan tantangan besar serta mencerahkan  bagi saya setelah mengeksplorasi Modul 1.1 adalah pemahaman mendalam saya terhadap pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang dasar-dasar pendidikan yang erat kaitannya dengan prinsip kodrat alam dan kodrat zaman. Selain itu, pentingnya pendidikan untuk selalu mengutamakan kepentingan dan perkembangan murid juga menjadi sorotan utama.

Kemudian, ketika saya kaitkan dengan Modul 1.2, momen penting dan penuh tantangan yang muncul adalah pemahaman saya tentang konsep guru sebagai penggerak pendidikan yang harus mengemban nilai-nilai tertentu. Salah satu nilai yang sangat berarti adalah komitmen guru untuk selalu mendahulukan kepentingan dan perkembangan siswa dalam seluruh proses belajar mengajar atau berpihak pada murid.

Kaitan antara kedua modul tersebut adalah bahwa pendidikan yang efektif adalah pendidikan yang secara aktif mengutamakan kepentingan siswa dengan memahami dan mengikuti prinsip-prinsip kodrat alam dan tuntutan zaman yang sedang berlangsung.

PERAsAAn

Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan di hentakkan kesadaran dan ingatan saya saat saya mengikuti pengajian/taklim, disitu saya dengarkan penjelasan dari sang penceramah bahwa takdir/kodrat atau jalan hidup manusia itu sudah tertulis di Laukhul Mahfudz, dan tidak ada yang bisa merubahnya.

Hal tersebuat sangat sesuai dengan teori konvergensi yang merupakan pandangan dari Ki Hajar Dewantara dan merupakan gabungan dari teori tabularasa dan teori negatif. Ki Hadjar Dewantara percaya bahwa, "Kodrat manusia sebagai suatu kertas yang sudah diisi dengan tulisan-tulisan yang samar dan belum jelas arti dan maksudnya" maka Tugas pendidikan adalah membantu manusia atau individu untuk dapat menebalkan dan memperjelas arti dan maksud tulisan samar yang ada di kertas tersebut dengan tuntunan terbaik.

Jadi sangat benar jika tugas guru atau pendidik adalah menuntun, mengarahkan, membimbing, meotivasi dan mendukung dengan daya upaya terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun