Mohon tunggu...
Nurul Aulia
Nurul Aulia Mohon Tunggu... KKN UNS TANGGAP WABAH COVID-19

Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA UNS 2017

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pandemi Bukan Halangan untuk Mengabdi: KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19

21 Juli 2020   06:57 Diperbarui: 21 Juli 2020   06:57 49 1 0 Mohon Tunggu...

SOLO -- Pandemi COVID-19 membuat tatanan hidup masyarakat berubah, termasuk di bidang pendidikan. Salah satunya UNS SOLO yang mengubah sistem pelaksanaan KKN menjadi KKN Tanggap Wabah COVID-19. KKN tersebut yang dilaksanakan secara individu di wilayah domisili masing-masing mahasiswa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Wilayah Gulon RT 003 RW 19 Jebres menjadi salah satu lokasi KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Matematika yaitu Nurul Aulia (M0117055) dari Kelompok KKN 54, didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Dr. techn. Ir. Sholihin As'ad, M.T.

Kegiatan KKN berlangsung mulai tanggal 15 Mei 2020 sampai dengan 30 Juni 2020. Program KKN yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pencegahan dan penyebaran COVID-19. Kegiatan yang dilakukan antara lain membuat faceshield untuk disebarkan ke tempat-tempat umum dan boleh diambil (gratis). 

Selain faceshield, mahasiswa juga menyebarkan booklet yang berisi informasi seputar covid dan new normal. Bersamaan dengan menyebarkan booklet, juga disebarkan poster berisi cara cuci tangan yang benar. 

Untuk mendukung penerapan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), mahasiswa memberikan sarana cuci tangan berupa ember kran dan sabun cuci tangan ke warga yang diwakili oleh Pak RT. Selain itu, turut dipasang MMT yang berisi ajakan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Media sosial Instagram dan WhatsApp pun digunakan untuk mengedukasi seputar COVID-19 kepada masyarakat dan teman-teman. Edukasi dilakukan dengan cara menyebarkan poster digital dan video. 

Selain itu, mahasiswa KKN Kelompok 54 juga menggunakan WhatsApp untuk membantu pelajar wilayah Surakarta yang kesusahan dalam belajar. Pelajar tersebut dapat bertanya mengenai tugas maupun materi yang belum dimengerti kepada mahasiswa KKN. Beberapa pembahasan soal juga diunggah ke Youtube.

Diadakannya KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 ini, mendapatkan respon positif dari warga serta para pelajar. Diharapkan kegiatan KKN ini meningkatkan pemahaman masyarakat dan kesadaran diri tentang pentingnya menjaga diri saat masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x