Tujuan utama dalam proses pembelajaran adalah dapat memberi perubahan dalam diri peserta didik dengan standar kompetensi maupun kompetensi dasar yang sudah ditetapkan.
Bahan ajar sangatlah penting dan dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran, melihat dari pengertiannya bahwa bahan ajar adalah suatu sarana atau acuan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran untuk memudahkan pemahaman siswa dalam pembelajaran, didalamnya sudah berisikan materi-materi yang sudah tersusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik terkait dengan materi yang akan dipelajari.
Dengan demikian, antara guru dan peserta didik sama-sama terbantu akan tersedianya suatu bahan ajar dalam proses pembelajaran melihat dari tujuan, fungsi, kelebihan beserta kekuarangan yang terdapat dalam bahan ajar akan memberi kesan yang menarik dalam penggunaannya sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.
Bahan ajar memiliki jenis-jenis yang dapat membedakan dalam cara penyampaiannya dan penggunaannya dalam proses pembelajaran. Berikut jenisnya yang dapat terbagi menjadi empat bagian :
1. Bahan ajar cetak merupakan bahan ajar dengan format menggunakan teknologi cetak atau berbentuk kertas. Termasuk sederhana dalam penggunaanya dan mudah didapat serta dapat dipelajari dimana saja dan kapan saja.Â
2. Bahan ajar audio merupakan bahan ajar digunakan dengan cara didengarkan untuk memperoleh suatu informasi. Bahan ajar ini bersifat non cetak.
3. Bahan ajar audiovisual merupakan bahan ajar kombinasi antara sinyal audio dan video yang saling berhubungan. Jadi penggunaannya dengan cara melihat dan mendengar untuk memperoleh suatu materi informasi.
4. Bahan ajar interaktif meruapakan bahan ajar kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, gambar dan video).
Termasuk dalam jenisnya, terdapat berbagai macam bahan ajar sesuasi jenisnya dan mempunyai struktur tertentu sesuai dengan masing-masing bahan ajar. Berikut beberapa macam bahan ajar beserta strukturnya.
a. Handout, struktur bahan ajar yang dimiliki Handout hanya terdapat dua komponen yaitu judul dan informasi pendukung.
b. Modul, struktur bahan ajar yang dimiliki Modul terdapat tujuh komponen yaitu judul, petunjuk belajar, KD atauomateri pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja dan penilaian.Â