Mohon tunggu...
Nurul IsmatunKhasanah
Nurul IsmatunKhasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Seorang mahasiwi di Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Melawan Stres Kehamilan dengan Babymoon

12 Juni 2022   11:14 Diperbarui: 12 Juni 2022   11:27 54 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kehamilan merupakan proses alamiah yang dialami setiap wanita dalam siklus reproduksinya. Kehamilan dimulai dari konsepsi dan berakhir dengan permulaan persalinan. Selama kehamilan terjadi banyak perubahan-perubahan, baik perut, fisik maupun psikologis ibu. Kehamilan bisa menjadi krisis maturasi yang dapat menimbulkan stres. Namun, jika krisis tersebut dapat di atasi, wanita akan lebih siap untuk memasuki fase baru, yaitu mengemban tanggung jawab dan merawat kehamilannya. 

Salah satu cara untuk mengurangi stres ibu hamil adalah membuat ibu merasa senang. Cara untuk membuat ibu hamil senang itu bermacam-macam salah satunya adalah dengan melakukan babymoon. Babymoon sebenarnya mirip dengan bulan madu yakni perjalanan liburan yang dilakukan oleh pasangan suami istri tetapi perbedaannya terletak pada kondisi istri yang sedang mengandung buah hati. Biasanya mereka menganggap babymoon adalah liburan terakhir mereka sebelum buah hati mereka lahir. Babymoon biasanya dilakukan oleh pasangan yang menanti anak pertamanya tetapi banyak pula pasangan yang tetap melakukan babymoon untuk anak kedua, ketiga , dan seterusnya. Semuanya tergantung preferensi masing-masing pasangan. 

Babymoon bisa menjadi alternatif untuk membuat ibu hamil merasa senang dan tidak stres dengan kehamilannya. Babymoon ini juga memiliki beberapa manfaat lain yakni bisa dimanfaatkan oleh pasangan untuk menghabiskan waktu bersama karena ketika sudah mempunyai anak pasti akan susah untuk pergi berdua saja. Selain itu, babymoon juga bisa menjadi bonding antara ayah, ibu, dan calon buah hati. Babymoon ini tidak ada patokan kapan waktunya, Anda dan pasangan dapat merencanakan babymoon ini kapan saja tentunya dengan memperhatikan beberapa hal, salah satunya yakni kondisi kehamilan ibu dimana sebelum melakukan perjalanan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter apakah cukup aman apabila melakukan perjalanan.

Setelah Anda dan pasangan berniat untuk babymoon, berikut beberapa tips dan trik supaya perjalanan saat hamil menjadi pengalaman yang menyenangkan. Diantaranya sebagai berikut :

Apabila bepergian menggunakan pesawat

Pesan penerbangan nonstop dan pertimbangkan tujuan dengan waktu penerbangan yang singkat. Kehamilan bisa menjadi tidak nyaman dan melelahkan jadi, semakin sedikit waktu yang di habiskan di udara, semakin baik.

Jika Anda bepergian di dalam negeri atau luar negeri

Periksa asuransi kesehatan Anda. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu di mana perawatan darurat atau rumah sakit terdekat yang berada di tempat tujuan Anda dan apakah ada penyedia layanan untuk berjaga-jaga jika Anda menghadapi keadaan darurat..

 Ada juga beberapa tips dan trik lainnya untuk babymoon yaitu pasangan bisa merencanakan babymoon di trimester kedua kehamilan karena ditrimester pertama mungkin ibu hamil masih mengalami morning sickness dan ditrimester ketiga kondisi perut ibu bertambah besar sehingga ibu lebih cepat merasa capek dan kurang nyaman saat melakukan perjalanan dan dikhawatirkan terjadi persalinan lebih awal ditrimester ketiga ini.

Rekomendasi tempat yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi pasangan yang akan melakukan babymoon diantaranya :

Mengunjungi kota atau negara impian pasangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan