Mohon tunggu...
Nursyifa Rahayu
Nursyifa Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

haiii

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Hidup Jadi Lebih Sehat dan Bersih dengan Membiasakan Cuci Tangan yang Baik dan Benar

30 Agustus 2022   14:21 Diperbarui: 31 Agustus 2022   06:51 90 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

(13/08/2022) Edukasi kesehatan bagi anak-anak sekolah dasar perlu dilakukan secara bertahap. Anak usia sekolah dasar kebanyak mempunyai kebiasaan kurang memperhatikan perilaku mencuci tangan terutama di lingkungan sekolah.

Salah satu kebiasaan anak sekolah dasar mereka sering bermain Bersama teman-teman dilingkungan sekolah yang tanpa mereka sadari mereka banyak memegang benda-benda disekitarnya. Yangmana hal inilah mereka rentan terserang penyakit yang berhubungan dengan kebersihan tangan. Sakit yang sering dirasakan oleh anak-anak yang belum mencuci tangan kebanyakan yaitu sakit perut bahkan sampai diare.

Apalagi pada masa peralihan pandemi Covid-19 ke endemi ini jangan jadikan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun ditinggalkan. Jadikanlah mencuci tangan dengan sabun kebiasan setiap hari tidak hanya pada masa pandemi saja, hal ini akan melatih anak untuk rajin mencuci tangan. Karena makanan yang sehat dan begizi berawal dari tangan yang bersih pada saat mengambil makanan itu sendiri.

Maka dari itu dalam rangka pengabdian masyarakat Muhammadiyah Banjarmasin yang betempat pada SD Negeri Desa Karya Makmur, saya beserta dengan tim mempunyai gagasan berupa kegiatan sosialisasi edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar ke anak-anak SD dengan menggunakan sabun agar meraka dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Metode yang tepat digunakan dalam mensosialisasikan cara mencuci tangan kepada anak-anak SD yaitu dengan membagikan Leaflet yang sudah dibikin semenarik mungkin. Setelah mereka membaca Leaflet yang telah di selanjutnya meraka menyayikan satu lagu sambil dibagikanya makanan ringan dengan salah satu cara ini anak-anak . Sebelum mereka memakan makanan ringan yang telah dibagikan anak-anak langsung diajak untuk pratek mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar, yang bagus dan terampil dalam mencuci tangan seperti yang disampaikan pada presentasi sebelum praktek, siswa tersebut akan mendapatkan hadiah yang telah disediakan oleh tim.

 Dalam prakteknya mencuci tangan yang baik dan benar ada 6 langkah yaitu:

  • Tuang cairan sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar
  • Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  • Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  • Bersihkan ujung jari ke telapak tangan secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  • Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  • Letakan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Kegiatan ini betujuan untuk mengajarkan bagaimana cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak SD. Serta, mengedukasi anak-anak SD tentang tujuan cuci tangan, manfaat cuci tangan, dan dampak yang ditimbulkan jika tidak mencuci tangan. Hal ini dilakukan agar dapat diterapkan dimana saja tidak hanya disekolah saja disnilah peran guru dan orang tua pada saat dirumah sangat berperan terhadap anak-anak SD. Agar mereka terbiasa hidup menjadi bersih dan bebas dari kuman sehingga terhindar dari penularan berbagai macam penyakit.

                           

(Dokpri)
(Dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan