Mohon tunggu...
Nursini Rais
Nursini Rais Mohon Tunggu... Lahir di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tahun 1954.

Nenek 4 cucu, senang dipanggil Nenek. Menulis di usia senja sambil menunggu ajal tiba.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mess Jambi, Penginapan Murah Mewah di Jakarta yang Belum Banyak Diketahui Orang

25 Desember 2018   23:00 Diperbarui: 26 Desember 2018   00:02 0 23 18 Mohon Tunggu...
Mess Jambi, Penginapan Murah Mewah di Jakarta yang Belum Banyak Diketahui Orang
Dokumen Pribadi

Mess Jambi adalah salah satu aset Pemerintah Provinsi Jambi yang beralamat di Jalan Cidurian Nomor 15-17 Cikini Jakarta Pusat 10330. Gedung ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jambi pada zaman Gubernur Almarhum Bapak H. Zulkifli Nurdin. Lalu apa untungnya bagi masyarakat Jambi? Berikut ulasan lengkapnya.

Zaman dahulu orang kampung enggan pergi ke Jakarta, walau pun untuk beberapa hari saja. Kecuali ada sanak keluarga yang dituju untuk ditumpangi. Nginap di hotel? Mendengar kata hotel saja mereka kecut duluan. Termasuk saya.  Rasanya, gimana ... gitu. Yang jelas mental ini kecut duluan.  "Mahal, tak terjangkau oleh kantong, susah mencari lokasi dan seribu satu alasan lainnya." Begitulah argumen yang bergejolak di kepala.

Resepsionis. Dokumen Pribadi.
Resepsionis. Dokumen Pribadi.
Kasus serupa tentu tidak berlaku bagi pengusaha kaya yang biasa mundar-mandir di ibu kota tercinta ini, untuk mengurus kepentingan bisnis.

Sekarang zaman telah berubah. Semua serba praktis dan kekinian. Kalau cuma satu atau dua malam, buat apa merepotkan keluarga. Yang penting ada uang. Hotel, wisma, home stay, losmen entah apa lagi istilahnya  bertebaran di penjuru Jakarta. Untuk memilih lokasinya, cukup berselancar beberapa menit di langit maya. Booking bisa dalam hitungan detik. Lokasinya boleh dipilih berdekatan dengan kegiatan (seperti: pusat perdagangan, rapat, worshop, kuliah Sabtu Minggu, wisuda, urusan kampus, dan sebagainya).  Kelas dan tarifnya pun dapat disesuaikan dengan kemampuan  kantong.

Tangga manual naik ke lantai 2. Dokumen Pribadi
Tangga manual naik ke lantai 2. Dokumen Pribadi
Bagi masyarakat dari daerah yang gebetulan mau ke Jakarta untuk suatu urusan,  menginap di Mess  Jambi adalah salah satu pilihan yang tepat. Bangunan berlantai  3 ini dikelola oleh Kantor Perwakilan Provinsi Jambi di Jakarta. 

Menujunya sangat mudah. Keluar dari terminal kedatangan Sukarno Hatta, naik Bus Damri ke Stasion Gambir. Dari sana naik gocar kurang lebih 30 menit dengan sedikit macet. Bilang aja sama Mbak atau Mas Gocarnya ke Mess Jambi, tunjukkan alamat lengkapnya. Dijamin sampai.

Meskipun  posisinya di tengah kepadatan penduduk, lingkungannya adem, nyaman, dan alami. Tidak hanya itu. Bangunan kebanggaan rakyat Jambi ini dilengkapi pula dengan sarana penunjang seperti Wi-Fi,  lif, lobi, ruang untuk bersantai, parkir yang luas, dan ATM Bank 9 Jambi. 

Ruang bersantai lantai 2. Dokumen Pribadi.
Ruang bersantai lantai 2. Dokumen Pribadi.
Bangunan yang lahir dari ide cemerlang ayahanda Gubernur non aktif Zumi Zola ini  menyediakan 40 unit kamar dengan 2 type. Standard room dan VIP room. Untuk Standard room terdapat di lantai dua dan 3. Fasilitasnya 2 tempat tidur,  sofa, telepon, AC, lemari, meja,  televisi, kamar mandi, toilet, handuk dan sebagainya. Plus sarapan pagi. Tarifnya, RP 350 ribu per malam.

Kamar standard. Dokumen Pribadi
Kamar standard. Dokumen Pribadi
Fasilitas di kamar standard. Dokumen Pribadi.
Fasilitas di kamar standard. Dokumen Pribadi.
Sedangkan VIP room berada di lantai 1. Dibandrol RP 500 ribu per malam. Fasilitasnya beda tipis dengan standard room. Hanya kamarnya lebih luas, tempat tidurnya bagus dan lebar.

Kamar VIP. Dokumen Pribadi.
Kamar VIP. Dokumen Pribadi.
Tersedia pula ruang makan khusus dan dapur kering. Tidaklah berlebihan kalau penginapan yang didesain mirip Kantor Gubernur Jambi ini dikatakan sekelas hotel berbintang.

Ruang makan kamar VIP. Dokumen Pribadi.
Ruang makan kamar VIP. Dokumen Pribadi.
Biasanya, kelas VIP dihuni oleh para pejabat dari Jambi. Bagi isteri-isteri yang gede cemburu, apabila mengetahui suaminya bermalam di Mess Jambi, nyenyaklah tidur mereka sampai doi-nya kembali lagi ke Jambi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x