Mohon tunggu...
PMM GEL 3 KELOMPOK 87
PMM GEL 3 KELOMPOK 87 Mohon Tunggu... UMM

just be me

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM Gelombang 3 Kelompok 87 Mengadakan Buka Bersama Anak Panti Asuhan Siti Hajar

6 Mei 2021   10:23 Diperbarui: 6 Mei 2021   10:44 74 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM Gelombang 3 Kelompok 87 Mengadakan Buka Bersama Anak Panti Asuhan Siti Hajar
Dok. pribadi

Untuk penggantian pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata atau biasanya di sebut dengan (KKN) yang sekarang ini terhambat adanya Covid-19, dengan itu mahasiswa Universitas Muhammdiyah Malang (UMM). Melakasanakan sebuah program yaitu Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di panti asuhan siti hajar.

            Bulan Ramadhan tak terasa sudah akan selesai . Banyak yang mengisi kegiatan dengan berbagai cara agar mereka tak merasa lapar .Banyak juga di antara mereka  melakukan kegitan berbagi takjil di sepanjang jalan raya. Waktu berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa ramadhan, setelah seharian menahan dahaga dan lapar. Buka puasa bersama bukan hanya sekedar jadi cara reuni dan bersenang-senang, tapi juga sebagai momen menyambung silaturahim yang sempat terputus antar teman atau kerabat jauh.

            Acara berbuka puasa bersama (Bukber), menjadi salah satu ajang berbagi dan berkumpul bersama. . Dan di bulan pertengahan menuju akhir ramadhan ini banyak juga yang melakukan kegiatan buka bersama dengan teman lama nya ,seperti teman alumni saat SD-SMA bahkan pada saat kuliah. Seperti halnya kegiatan yang kita lakukan dalam acara PMM  , Kami mengadakan Buka bersama di panti Asuhan Siti Hajar. Dimana tentunya di hadiri oleh banyak adik-adik yang tinggal di panti maupun di sekitar panti. (5/5/2021)

             Di panti asuhan ini, kita bisa merasakan kesederhanaan saat berbuka puasa, yang membuat perasaan terharu yang mungkin sebelumnya belum tentu kita bisa melakukan hal seperti mereka. Anak-anak di Panti asuhan siti hajar ini berjumlah 35 anak dengan rentang tingkat pendidikan SD-SMA. Sambil menunggu adzan magrib berkumandang di masjid , kami melakukan kegiatan brnyanyi dan bersholawat bersama dengan anak-anak panti . Dan ketika adzan sudah terdengar , awalan kami membagikan takjil berupa es blewah dan nasi kotak dan di lanjutkan dengan makan bersama yang di mimpin berdoa oleh Pembina pada panti asuhan siti hajar. Setelah kita makan dan minum , kita melakukan sholat bersama di mushola panti dan di imami oleh abah Ma'ruf selaku pimpinan di panti  asuhan siti hajar .

                Pada saat selesai melakukan jama'ah magrib , pengasuh panti bercerita seikit mengenai panti dan ketulusan dalam mengurus panti asuhan siti hajar tersebut. "Kita mengasuh, merawat, mengajarkan kedisiplinan dan pendidikan agama setiap sore. Setiap pagi anak-anak pergi ke sekolah. Saat ramadhan tiba, kita punya kegiatan sholat tarawih dan membaca Alquran," ujar pengasuh panti asuhan Siti Hajar.

VIDEO PILIHAN