Mohon tunggu...
Nurpaidah
Nurpaidah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya suka membaca dan kemungkinan saya juga akan suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Keberagaman Budaya di Indonesia

22 September 2020   18:07 Diperbarui: 22 September 2020   18:09 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bicara tentang keberagaman budaya, terdapat banyak sekali budaya dan suku bangsa di Indonesia. Budaya-budaya inilah yang membuat indonesia kaya akan hiburan dan kuliner. 

Juga mempunyai banyak macam bahasa dan logat dari suku masing-masing. Biasanya saya suka berinteraksi dengan teman yang berbeda suku karena saya suka mendengarkan atau belajar bahasa dan budaya mereka juga.

Di lain sisi saya mempunyai sahabat yang berbeda suku juga. Sahabat saya itu suku jawa dia orangnya pendiam, jutek dan yang pasti lebih tinggi dari saya hehe. Terkadang saya bingung jika membaca chatnya dengan teman nya karena saya tidak bisa bahasa jawa.

Sementara itu saya menyadari bahwa bangsa saya itu memilik beragam suku bangsa. Di sekolah saya dahulu banyak sekali teman saya yang berbeda-beda suku. Apalagi di dalam kelas saya, mereka sama sekali tidak pernah menghina suku satu dengan yang lain dan selalu menghargai teman yang berbeda. Dan juga saya sangat suka jika di sekolah terkadang memakai bahasa daerah karena saya suka mempelajarinya.

Dan menurut saya belajar suka bangsa itu pentimg agar kita bisa melestarikan nya. Apalagi belajar tari-tarian dari daerah. Itu sungguh menarik dan seru. Dan biasanta saya sangat suka mengobrol dengan teman berbeda suku bangsa dengan bahasa suku masing masing. Dan itu sangat lucu karena saling membalas kata tetapi kita tidak mengerti akan bahasa tersebut. Biasanya saya berinterkasi dengan teman berbeda suku ya seperti itu.

Sementara itu saya juga merasa tertarik untuk belajar bahasa inggris dengan menggunakan materi multi budaya. Saya rasa itu akan menjadi sangat seru. Tetapi terkadang ada saja siswa yang bertengkar karena kesalahpahaman atau berbeda pendapat seperti kita ambil contoh 2 orang lelaki yang meributkan nama hewan, yang satu bilang itu kepiting tetapi karna teman nya ini orang bugis asli maka dia akan bilang bahwa hewan itu namanya "bukang" lalu mereka akan bertengkar. Cara untuk melerainya adalah menjelaskan tentang tentang kesalahpahaman mereka.

Biasanya terdapat banyak faktor perbedaan pendapat dengan teman. Dan biasanya faktor tersebut adalah perbedaan kebiasaan dalam budaya masing masing.

Terakhir saran saya agar kita saling menjaga persatuan dalam budaya adalah saling menghargai dan jangan mencemooh budaya orang lain atau teman. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun