Dliyaussathi NurmalitaAzza

Pantai Parangkusumo, Tetangga Pantai Parangtritis yang Jarang Diketahui

30 Mei 2023   12:24 Diperbarui: 2 Juni 2023   09:16 196
Sumber : Dokumen Pribadi

Siapa nih yang baru tau ada pantai di Yogyakarta bernama parang selain pantai parangtritis? Disini penulis juga baru tau loh ada kembaran pantai parangtritis yang juga tidak kalah indah dari pantai parangtritis itu sendiri. Pantai ini berlokasi di daerah Parangtritis, Kepanewon, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pantai Parangkusumo, berawal dari ketidaksengajaan ketika hendak berwisata ke pantai parangtritis, saya menemukan pantai ini. Sabtu (20/5/2023), karena bosan dengan banyaknya tugas saya berniat menghilangkan penat sejenak dengan berkunjung ke pantai.

Saya ditemani teman saya berangkat menuju lokasi pada pukul 5 sore. Perjalanan menuju pantai memakan waktu sekitar setengah jam dengan jarak tempuh sekitar 27 km. Perjalanan tidak terasa lama dikarenakan view pemandangan menuju pantai sangatlah indah apalagi ketika memasuki daerah dekat pantai.

Selain itu pantai parangtritis menjadi destinasi wisata pantai Yogyakarta yang paling mudah dicapai. Akses jalan menuju pantai ini tidaklah se ekstrem pantai-pantai lainnya.Beruntungnya, ntah karena kami berangkat pada sore hari, kami tidak ditarik biaya masuk pantai. Biasannya pengunjung ditagih biaya tiket masuk seharga Rp. 10.000 di pos retribusi.

Sesampainya di kawasan pantai parangtritis waktu menunjukkan pukul 5.30, dan mencari tempat memarkirkan kendaraan kami. Namun, karena kesorean banyak tempat parkir yang mulai menutup lahan parkir mereka.

Pada jam-jam menuju malam hari parkir untuk kedaraaan pengunjung mulai dibatasi waktunya. "Daerah sini rawan ada yang manuk-mabuk mbak, jadinnya kalau ingin ke pantai sampai malam hari bisa parkir di tempat parkir yang pemiliknya juga tinggal di tempat itu," tutur salah satu juru parkir yang saya temui saat itu.

Karena hal itu kami kembali melanjutkan mencari tempat parkir yang masih tersedia dan menemukannya tak jauh dari tempat parkir pertama yang kami singgahi. Biaya parkir kendaraan di pantai ini ternyata mengalami kenaikan dari biaya parkir ketika terakhir saya berkunjung kesini. Tarif parkir kendaraan roda dua saat ini ialah Rp. 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp.10.000.

Suara deru ombak dan aroma khas pantai bak menyambut kedatangan kami.Ketika hendak masuk pengunjung akan disambit monumen yang menjulang besar di depan dan hal ini membuat saya dan teman saya terkejut.

Bagaimana tidak terkejut, monumen besar tersebut bukanlah bertuliskan Pantai Parangtritis melainkan Pantai Parangkusumo. Pantai ini ternyata berada diantara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Pantai ini tidaklah kalah indah dengan Pantai Parangtritis. Begitu masuk kawasan pantai ini mata kita akan di manjakkan dengan keindahan pemandangan pantai berpasir hitam. Selain pantainnya Parangkusumo juga memiliki objek wisata lainnya. Tak jauh dari pantai terdapat wisata Gumuk Pasir yang berupa gundukan pasir yang menyerupai gurun pasir.