Mohon tunggu...
Nurmalia YuliKhafidhoh
Nurmalia YuliKhafidhoh Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pribadi yang sabar, penyayang, pekerja keras serta hobi jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Media Minuman Inovatif

8 Oktober 2022   13:20 Diperbarui: 8 Oktober 2022   13:26 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  • Latar Belakang

Anak usia dini adalah tonggak penerus bangsa yang harus diberi pondasi secara kuat dan matang sehingga mampu menghadapi era kemajuan jaman dengan mental, spiritual dan penguasaan teknologi yang mumpuni sehingga perlu diberikan Pendidikan sejak dini. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai pada usia enam tahun yang dilakukan dengan memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU No. 20 Th 2003, pasal 1 ayat 14 tentang Sisdiknas). Pendidikan anak usia dini penting dilaksanakan sebab anak usia 0-6 tahun berada pada masa peka yaitu masa dimana seluruh potensi anak dapat dikembangkan secara optimal baik dalam aspek fisik, bahasa, kognitif, sosial-emosional, maupun moral-agama.

Menurut M. Ramli (2005: 185) masa usia Taman Kanak-kanak (TK) merupakan masa-masa kehidupan manusia dengan rentang usia empat sampai enam tahun. Pada usia 0-6 tahun anak perlu mendapatkan stimulasi perkembangan yang tepat dan optimal sehingga seluruh aspek perkembangan anak dapat berkembang secara seimbang dan optimal dalam segala aspek perkembangan yaitu aspek kognitif, bahasa, fisik-motorik, moral agama maupun aspek sosial emosionalnya. Kelima aspek perkembangan tersebut sling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Meskipun demikian bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak terutama dalam membantu seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Anak dapat mengungkapkan segala keinginannya maupun ide-idenya kepada orang lain, hal ini mempengaruhi perkembangan anak. Bahasa akan membantu anak untuk memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru dari berinteraksi dengan orang lain tersebut.

Salah satu dari lima aspek perkembangan tersebut, aspek perkembangan social emosional siswa di TK Pratiwi Kemplong masih banyak yang kurang dan siswa lebih banyak bersikap pasif pada saat pembelajaran berlangsung, kurang adanya interaksi antara siswa yang satu dengan siswa yang lain atau jarang bermain bersama-sama pada saat istirahat, kurang kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan tugas, kurang saling membantu dan lebih nampak sikap individualisme siswa. 

Untuk mengatasi hal tersebut pendidik TK Pratiwi Kemplong membuat sebuah Upaya Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini dengan membuat sebuah media inovasi. Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.

  • Identifikasi Masalah

Berdasarkan Latar belakang masalah di atas maka dapat di identifikasikan masalah yang dialami siswa di TK Pratiwi Kemplong Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan yaitu media pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan social emosional siswa kurang menarik dan kurang efektif.

  • Analisis Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah, belum tercapainya kemampuan perkembangan social emosional siswa, dikarenakan media yang digunakan guru kurang menarik dan kurang efektif.

  • Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang ditemukan adalah Apakah dengan menggunakan media Mamiku ( Media Minumanku ) dapat meningkatkan kemampuan perkembangan social emosional siswa di TK Pratiwi Kemplong Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

  • TUJUAN PEMBUATAN PERAGA INOVASI MAMIKU

Tujuan dari pembuatan peraga inovasi MAMIKU ( Media Minumanku ) yaitu:

1. Untuk memotivasi anak agar tertarik dan semangat dalam mengikuti kegiatan belajar.

2.  Meningkatkan perkembangan social emosial siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun