Mohon tunggu...
Nurhayati Rahmani
Nurhayati Rahmani Mohon Tunggu... -

Madura-Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

PMM UMM Kelompok 43: Hidrogel sebagai Media Tanam Tanah di Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah Dau

14 April 2021   14:58 Diperbarui: 14 April 2021   16:52 108 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM Kelompok 43: Hidrogel sebagai Media Tanam Tanah di Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah Dau
photogrid-1618386321260-60769dd3d541df6f2f7bb872.jpg

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 43 gelombang 4 yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Livia Windiana, SP., M.Agr. yang dikoordinir oleh Aldi Firmasyah  dari jurusan Agroteknologi yang terdiri atas empat anggota lainnya dari jurusan Agroteknologi yaitu Joko Prakoso, Roisatul Ummah, Nurhayati Rahmani, dan Hamda Izzaty Fauziah.

Pemakaian hidrogel dalam media tanam merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi intensitas penyiraman. Adapun manfaat penggunaan media hidrogel ialah mengurangi frekuensi penyiraman atau irigasi hingga 50%, meningkatkan pertumbuhan tanaman karena air dan nutrisi selalu tersedia di sekitar tanaman sehingga mengoptimalkan penyerapan oleh akar, mengurangi pencemaran lingkungan dari erosi dan pencemaran air tanah, dan lebih ekonomis. Namun disamping itu jumlah hidrogel yang berlebih pada media tanam juga akan menimbulkan efek negatif bagi pertumbuhan tanaman, karena kelembaban dalam media tanam terlalu tinggi.

Tanaman yang akan ditanam dalam media hidrogel harus mempunyai karakteristik sebagai berikut: tahan genangan, tahan kelembaban tinggi, tanaman indoor, serta umumnya tidak berkayu dan tidak berbunga. Jenis-jenis tanaman yang sampai saat ini bisa ditanam dalam hidrogel, adalah: Aglaonema sp, Anthurium sp (berbagai jenis kuping gajah), Diffenbachia sp, Philodendron sp, Dracaena sp(bambu china, bambu jepang), Scidapsus sp (sirih belanda), Syngonium sp, Spathiphyllum sp, Cyperus sp (rumput payung), Cordyline sp (berbagai jenis hanjuang), (Philodendron berdaun belah), rumput hias (berwarna hijau dengan garis putih di sisi daun dan ber-umbi), bambu rejeki, bamboo hoki, sansiviera, sirih hias, sri rejeki serta tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung.

Kegiatan pengenalan media hidrogel dilaksanakan pada hari Selasa, 6 April 2021 di Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah Dau, kegiatan ini banyak melibatkan para anggota panti asuhan karena hidrogel merupakan alternatif media tanam pengganti tanah yang memiliki nilai estetika. Hidrogel diperuntukkan menyerap air sehingga mirip dengan jaringan alami karena dapat berisi 90% kandungan air. Dengan menggunakan media tanam hidrogel penyiraman tidak perlu dilakukan rutin setiap hari melainkan ketika air yang ada di dalam botol mulai habis maka pengisian dilakukan secara manual secukupnya saja.

Antusiasme warga Panti Asuhan Putri 'Aisyiyah Dau sangat tinggi dengan adanya pelatihan hidrogel karena keunikan dan keindahan yang dimiliki. Media hidrogel sangatlah sederhana dengan berbagai warna sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi warga panti Asuhan Putri 'Aisyiyah Dau, dengan adanya kegiatan tersebut dapat menambah kegiatan positif serta pengetahuan yang baru. Pembuatan tanaman hias menggunakan media hidrogel dapat menambah prospek ekonomi karena memiliki keindahan yang sangat unik dibandingkan dengan media tanah ataupun media lainnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x