Mohon tunggu...
nur eni
nur eni Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi universitas satya negara indonesia

Saya merupakan orang yang semangat, menyukai tantangan dan selalu mencari pengalaman untuk menambah ilmu saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kisah Mahasiswi Berprestasi yang Membuat Orang Iri Akan Prestasinya

21 Juli 2022   16:25 Diperbarui: 21 Juli 2022   16:33 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bekasi - Pendidikan merupakan pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan proses sosial yang terjadi pada orang yang akan mempengaruhi lingkungannya. Pendidikan sangatlah penting untuk menambah wawasan,  mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah, hingga dapat menciptakan kesempatan berkarir yang lebih baik.

Wenita Widyana Panggabean sering disebut sean, merupakan mahasiswi Universitas Satya Negara Indonesia, Jurusan Akuntansi, kini wenita menginjak semester 6. Awalnya Wenita ini mengikuti program Kemensos yaitu Pejuang Muda bersama Kampus Merdeka yang dimana dalam program ini mahasiswa ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan pemerintahan daerah dan tokoh daerah setempat. 

Tahapan demi tahapan dilalui oleh wenita, mulai dari mendaftar hingga penyusunan berkas - berkas. Sampai akhirnya pengumuman pejuang muda di umumkan, memalui situs resmi pejuang muda bersama kampus merdeka, mahasiswi Universitas Satya Negara Indonesia terpilih untuk mengikuti pejuang muda bersama kampus merdeka yaitu Wenita Widyana Pangabean. Wenita mendapatkan wilayah yang cukup jauh untuk melakukan kegiatan pejuang muda ini yaitu di kepulauan riau. 

"Banyak sekali pembelajaran - pembelajaran disana yang dapat kita ambil, disana itu kami belajar hidup sederhana, disana jarang sekali ada sinyal bahkan untuk mendapat sinyal kami harus pergi jauh hingga menuju kota," Ujar Wenita, Rabu (20 Juli 2022).

Kegiatan untuk menambah ilmu serta wawasan tidak berhenti disitu saja, Wenita juga mengikuti beberapa komunitas untuk pengembangan diri dari  soft skill hingga hard skill. Tidak hanya itu ternyata Wenita pun Pernah menjadi volunteer di Selvopment Space. Sangat Hebat sekali Mahasiswi Universitas Satya Negara Indonesia ini. 

"Setelah aku mengikuti pejuang muda, aku juga melamar di beberapa komunitas dimana komunitas ini lebih ke pengembangan diri dari soft skill sampai hard skill, dan disini aku juga mengambil peran sebagai Youth Champions dari BTF di bawah naungan Plan International Indonesia. Selain itu aku juga mengambil peran sebagai Typist , Google Mentoring with Googlers selama 2 bulan di bulan April dan Mei. Aku menjadi bagian dari BTF dari Februari smpai Agustus 2022 nanti," Terangnya.

Mari lah untuk teman - teman semua baik pelajar ataupun mahasiswa ayoo kita mulai hari ini untuk mengupgrade diri kita untuk menjadi yang lebih baik, teruslah belajar, teruslah mencari ilmu dan teruslah menambah pengalaman kita untuk nantinya dapat kita ceritakan pengalaman kita kepada keluarga, teman - teman dan juga anak, cucu nantinya.


"Aku juga sempat melamar kursus online di Hardvard University untuk mengembangkan kemampuanku di bidang " Perkembangan Dini dari anak" , Kekerasan Pada anak dan Bagaimana cara menanganinya", dengan bimbingan langsung dari dosen - dosen , profesor dan ahli di bidangnya. Lalu aku juga pernah mengikuti Bootcamp di ai4impact . Dimana aku berkesempatan berkolaborasi belajar dan menerapkan bagaimana cara mengembangkan metode pembelajaran yang baik selama covid 19 untuk mengembangkan literasi digital di sekolah - sekolah yang ada di Indonesia. Aku juga mengikuti pelatihan ASEAN DSE selama 5 jam dengan menggunakan akun dan data luar negeri . Aku juga mendapatkan nilai yang baik dalam test sehingga mendapatkan kesempatan untuk menggunakan akun sampai akhir 2022," Tambahnya.

"aku juga kini Menjadi Tim Inti di AKMB Jawa Barat yang mendapat peran sebgai Design Grafis untuk AKMB Jawa Barat di bawah Naungan Kemendikbudristek dari Juni sampai Desember 2022 nanti. Untuk kegiatan lainnya ialah aku ikut berpartisipasi dan diajak untuk berkolaborasi bahkan menjadi bagian dalam acara kecil maupun Besar yang di adakan oleh pemerintah maupun bukan pemerintah. Lalu aku juga menjadi anggota dari U-report  yang merupakan bagian dari Unicef Indonesia hingga saat ini," Tambahnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun