Mohon tunggu...
Nurdiansyah
Nurdiansyah Mohon Tunggu... Pekerja Sosial

Hanya orang biasa yang berusaha agar bisa bermanfaat bagi orang lain dalam kebaikan. SEO https://nurdianweb.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Es Kristal Berkah dari Sebuah Kemajuan Teknologi

5 Juli 2020   08:48 Diperbarui: 5 Juli 2020   09:01 158 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Es Kristal Berkah dari Sebuah Kemajuan Teknologi
Kemasan Es Kristal (Sumber: Aziz Aminudin)

Seiring dengan perkembngan teknologi di bidang pangan tentu saja sangat mempengaruhi kualitas pangan. Tentu saja kemajuan teknologi itu harus dikembangkan, karena dengan teknologi membuat para produsen bisa memproduksi pangan atau bahan pangan secara cepat dan mudah tanpa melupakan sisi keamanan, kualitas dan gizi produknya.

Hal yang sangat signifikan dalam kemajuan teknologi yaitu produsi es kristal yang saat ini bisa dikatakan sudah beralih menjadi home industri. Kenapa bisa dikatakan sudah beralih menjadi home industri?

Sebelum ditemukannya mesin pembuat es batu yang dikonsumsi umum pembuatannya masih dilakukan oleh pabrik dengan tempat yang luas dan karyawan yang tidak sedikit. Dan tak hanya itu proses distribusi dari pabrik ke konsumen pun tergolong tidak mudah, karena membutuhkan armada yang besar agar bisa mengangkut dalam jumlah banyak, sehingga tidak banyak orang yang bisa membuka usaha penjualan es batu karena belum menemukan alat yang bisa menyaingi produksi batu es di pabrik.

Namun, teknologi sekali lagi melakukan keajaibannya, setelah ditemukannya mesin pembuat batu es, bak seperti sihir pembuatan batu es sekarang menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan alat ini maka tentunya memiliki banyak keuntungan tentunya dan sedikit kelemahan. Beberapa nilai keuntungan menggunakan alat ini yaitu :

1. Pembuatan Es Kristal lebih cepat dan mudah

Menurut Khamami selaku produsen Es Kristal dari Ketanggungan Kabupaten Brebes mengatakan bahwa dengan menggunakan mesin ini per harinya bisa menghasilkan 2 ton es kristal. Bayangkan saja dengan kinerja mesin yang begitu cepat bisa memenuhi kebutuhan pasar yang ada, terutama UMKM yang bergerak dibidang minuman dingin yang tumbuh subur seperti jamur di musim hujan. Kebutuhan akan stok Es yang ada akan terpenuhi dengan baik.

2. Kualitas Es Kristal lebih baik dari Es batu lain

Tak diragukan lagi kualitas Es Kristal lebih baik dari Batu Es yang lain, dikarenakan selama proses pembuatan, packing sampai distribusi es ini dikemas dengan baik dan higenis dan tentunya tidak mudah mencair dan tentunya air yang digunakan untuk membuat es ini juga air yang steril dan murni yang difilter terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang ada dalam air, jadi ketika sudah berubah menjadi Es Kristal sudah dijamin kebersihan dari Es Kristal dan layak untuk dikonsumsi.

3. Distribusi yang mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak armada

Es kristal sudah seperti snack yang dijual dipasaran, sudah dalam bentuk kemasan yang mudah dibawa dan ringan dalam jumlah banyak, sehingga bisa dibawa menggunakan kendaraan kecil seperti sepeda motor, motor bak dan yang lain, sehingga sangat direkomendasikan sekali bagi UMKM yang membutuhkan bahan - bahan pangan yang mudah dibawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN