Mohon tunggu...
Nurdiansyah
Nurdiansyah Mohon Tunggu... Pekerja Sosial

Hanya orang biasa yang berusaha agar bisa bermanfaat bagi orang lain dalam kebaikan. SEO https://nurdianweb.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

KomBes | Suka Duka Menjadi Admin KomBes Community

17 Maret 2020   18:54 Diperbarui: 17 Maret 2020   21:42 91 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KomBes | Suka Duka Menjadi Admin KomBes Community
Foto Azam memegang Backdrop agar tidak jatuh (dokpri)

Setiap komunitas pastinya memiliki sebuah kepengurusan layaknya organisasi - organisasi lain yang tentunya memiliki fungsi khusus dalam menjalankan roda kegiatan agar komunitas tersebut memiliki peta kegiatan yang jelas.

Khususnya tim admin Kompasianer Brebes Community atau biasa disebut dengan KomBes yang selalu setia menjalankan tugasnya agar semua pelaporan terkait administrasi KomBes berjalan dan terukur. 

Bagaimana tidak keaktifan menulis artikel di KomBes sangat terpantau setiap hari, baik itu laporan harian, artikel fans page facebook, twitter Kombes, debt collector khusus artikel, marketing artikel dan lain - lain.

Beberapa admin mengherankan terkait dengan tugas yang diberikan oleh sang kordinator yaitu Bahrul Ulum, S.E.,M.Si. Beberapa tugas yang harus di emban oleh admin KomBes yang dianggap tidak mudah adalah sebagai berikut :

1. Laporan harian
Laporan harian ini disusun agar para anggota KomBes dapat melihat rekapitulasi hasil penulisan artikel di Kompasiana.com setiap hari. Dan yang membuat tidak mudah adalah anggota KomBes saat ini per hari ini adalah 56 anggota, bisa dibayangkan yang merekap laporan ini harus membuka link profil para anggota KomBes satu per satu dan melihat apakah hari ini dia nulis atau tidak. 

Jika nulis maka akan ditulis berapa tulisannya dan jika tidak maka akan ditulis nol. Untuk periode ini peran ini dijalankan oleh Sang kordinator yaitu Bahrul Ulum sendiri.

2. Admin Medsos (Twitter dan Facebook)

Hampir setiap komunitas memiliki di Twitter dan Facebook agar mudah dikenal oleh masyarakat luas begitu juga dengan KomBes. Tujuan akun medsos ini diciptakan adalah menampilkan tulisan anggota KomBes ke Twitter dan Facebook KomBes. 

Salah satu tujuannya adalah agar para follower KomBes bisa melihat karya tulisan para anggota sehingga meningkatkan viewer tulisan anggota KomBes bahkan bisa memberi rating kepada penulis sehingga penulis bisa mempunyai poin tambah di Kompasiana agar cepat naik kelas.

Namun ada perjuangan keras dibalik proses  forward dari web Kompasiana ke Facebook dan Twitter, perlu diketahui bahwa rata - rata tulisan anggota KomBes saat ini adalah 50 artikel setiap hari maka dari itu admin harus meng copy paste link artikel ke fanspage dalam jumlah banyak, jika sehari saja tidak melakukan forward tulisan maka ratusan artikel akan menumpuk untuk di forward. 

Setiap 12 jam sekali admin medsos selalu mengecek artikel anggota KomBes dari mulai bangun tidur hingga sebelum tidur. Admin medsos saat ini ditangani oleh Lukmanul Hakim (admin Twitter) dan Nurdiansyah (admin Facebook).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN