Mohon tunggu...
Nur Laila Sofiatun
Nur Laila Sofiatun Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Perempuan yang ingin bermanfaat bagi keluarga, agama, bangsa dan negara

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hari Minggu, Hari Healing yang Menyehatkan

25 September 2022   10:47 Diperbarui: 25 September 2022   13:48 171 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi seorang pekerja seperti saya, dimana hari Senin-Sabtunya digunakan untuk bekerja hari Minggu adalah hari yang ditunggu-tunggu. 

Hari Minggu, dimana kita tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor/lembaga adalah waktu yang bisa kita gunakan untuk healing.

Healing

Healing sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang artinya penyembuhan. Sedangkan dalam kamus Cambridge healing didefinisikan sebagai proses pemulihan seseorang agar menjadi baik lagi, lebih khususnya setelah mengalami luka fisik.

Dalam ilmu psikologi kemudian dikenal istilah self healing. Self healing sendiri menurut psikolog dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) didefinisikan sebagai metode penyembuhan dengan mengeluarkan perasaan dan emosi  yang terpendam dalam tubuh. 

Berkaitan dengan hal tersebut, saya biasanya melakukan self healing setiap hari Minggu. Tidak dengan melakukan jalan-jalan seperti yang dilakukan para selebgram dan selebtiktok. Akan tetapi saya cukup melakukan self healing di rumah sendiri.

Self Healing di Rumah

Biasanya self healing yang saya lakukan adalah cukup dengan melakukan hobi seperti menulis dan membaca, kemudian membersihkan rumah dan pakaian kotor, merapikan tempat-tempat yang berantakan, dan bercengkerama lebih lama dengan keluarga. Hal ini terlihat biasa-biasa aja memang, akan tetapi bagi saya ini cukup menyehatkan. Mengapa demikian?

Dimana ketika hari-hari kerja saya sibuk dari pagi hingga malam dengan pekerjaan, sehingga tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan di atas. Sehingga sekedar membersihkan dan merapikan rumah, menjadikan rumah terlihat lebih bersih dan rapi bisa menimbulkan perasaan bahagia. Perasaan bahagia ini bisa mengurangi penat dan lelah akibat bekerja.

Maka, keesokan harinya si hari Senin dimana biasanya banyak orang mengeluhkannya, saya sudah kembali fresh dan siap untuk menghadapi pekerjaan yang (mungkin) akan membuat lelah. 

Kalau kalian sendiri biasanya di hari Minggu ngapain kawan-kawan Kompasianer?

Coba tuliskan di kolom komentar ya.

Salam Literasi dari Banjarnegara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan