Mohon tunggu...
Nur Laili Rahmawati
Nur Laili Rahmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru / Penulis

Merangkai aksara menjadi kata agar lebih bermakna

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

OTW Lulus, You Can Do....!

15 November 2022   08:22 Diperbarui: 15 November 2022   08:44 947
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LULUS, kata sakti yang mampu menawarkan senyuman.

Lulus adalah sepatah kata yang selalu menjadi harapan banyak orang. Dengan lulus akan menjadi bukti bahwa seseorang telah berhasil dalam melalui sebuah ujian. Ujian merupakan cara untuk mengukur kemampuan seseorang. Ujian diberikan ketika kita telah menyelesaikan sebuah kegiatan, hal ini memiliki tujuan untuk menguji kemampuan dari seseorang dan juga mutu dari sebuah kegiatan.

dokpri
dokpri

Misalnya Ujian Akhir Semester yang ada di beberapan jenjang Pendidikan. Ujian ini memiliki tujuan untuk mnegukur dan mengetahui sampai sejauh mana keberhasilan dan daya serap yang dimiliki oleh peserta didik selama 1 semester. Hampir sama dengan UAS (Ujian Akhir Sekolah), ujian tesis dan ujian akhir juga digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan dalam sebuah jenjang Pendidikan.

dokpri
dokpri

Dikarenakaan ujian merupakan salah satu tolak ukur, maka kita sering dihadapkan pada dilema. Ketakutan, grogi bahkan kekhawatiran ketika akan melaksanakan ujian tersebut. Apalagi bagi sebagian orang yang mungkin merasa belum siap, atau kurang menguasai keahlian atau kemampuan tertentu yang akan diujikan.

Menyiapkan diri agar lulus dalam ujian merupakan keharusan.

dokpri
dokpri

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menghadapi ujian, diantaranya yaitu :

Melakukan review catatan setelah selesai pembelajaran. Ada baiknya kita mengulang materi yang diajarkan disore hari atau malam harinya. Dengan kita mengulang materi maka materi yang kita dapatkan pada hari itu akan tuntas dan dapat dipahami dengan baik.

Melakukan review catatan singkat sebelum pelajaran. Mereview memang perlu, selain mengulang materi yang telah disampaikan kita juga bisa membaca materi selanjutnya atau materi yang belum disampaikan. Dengan kita membaca materi yang belum disampaikan akan dapat merangsang kita untuk memiliki sifat ingin tahu, sehingga kita memiliki keinginan untuk mempelajari materi etrsebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun