Mohon tunggu...
Nuke Maulin
Nuke Maulin Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi, di Universitas Swasta Yogyakarta

Hi, there!

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Self Care Yuk

12 Juli 2020   23:47 Diperbarui: 12 Juli 2020   23:40 30 4 0 Mohon Tunggu...

"Self care itu apaansiih?"

"Emang beda sama self-love?"

Jawabannya jelas beda.

Self care itu ialah tindakan kamu untuk merawat diri kamu baik dari batin maupun fisik, sedangkan self love sendiri merupakan cara kamu untuk menerima kekurangan diri kamu. Tapi keduanya memang saling berkaitan.

Self-care itu perlu banget untuk kita laksanakan, kenapa yaa? 

Tentunya karena banyak sekali manfaatnya untuk diri kita sendiri.
Kita bisa menerima kekurangan kita (self-love), dan menjadi pribadi yang lebih positif, bahkan kita bisa lebih bahagia, kalau kita sedang memiliki pikiran yang menumpuk, melakukan self-care adalah hal yang tepat sekali. 

Self-care bukan berarti egois yaa~ Kita memang harus memperhatikan diri kita sebelum kita memperhatikan orang lain.

Kali ini saya akan menjabarkan kegiatan apa aja yang bisa kamu lakukan, cara ini juga merupakan kebiasaan saya ketika ingin melakukan self-care. Dampak dari melakukan ini sudah saya rasakan sekali manfaatnya. dan saya kira pengetahuan ini bisa membantu kamu ketika kamu sedang merasa tidak baik.

1. Dengerin lagu favorit
Merawat diri bukan hanya dari fisik gurls, dari dalam diri juga perlu, mendengarkan musik bisa membuat mood kamu jauh lebih baik dan menjadikan kamu lebih tenang.

2. Membereskan Kamar
Dengan membereskan kamar terutama meja belajar, dapat membantu fikiran kita lebih terbuka dan tidak stress, karena kalau kamar, meja belajar / meja kerja kita berantakan, kita malah lebih susah untuk fokus saat beraktivitas.

3. Maskeran
Memakai masker selain untuk merawat wajah kita, bisa membuat kita lebih rileks dan tampak segar loh.

4. Menonton Film
Menonton film juga bisa menjadikan mood kamu lebih tenang, apalagi jika kamu menonton tayangan komedi. cara ini bisa sangat menghibur diri kamu.

5. Berolahraga
Olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk kita, melakukan aktivitas yoga, jogging atau sekedar berjalan 10 menit bisa membantu untuk menetralkan pikiran dan tubuh akan terasa lebih ringan.

6. Membatasi Bermain Sosial Media
Terlalu banyak bermain sosial media membuat kita cepat lelah, kita perlu banget untuk melakukan detox, dengan cara meminimalisir bermain sosial media, sehingga kita dapat lebih fokus terhadap diri kita sendiri.

7. Mencari Teman Berbincang

Meminta bantuan orang lain untuk sekedar berbincang juga perlu loh, tidak dapat kita pungkiri bahwa manusia adalah makhluk sosial. Kamu bisa menanyakan solusi atau pendapat dari orang di sekitar kamu
dengan berbicara santai dengan teman atau keluarga, karena hal ini dapat membuat mu menjadi lebih tenang dan belajar memahami pandangan dari orang lain.

Itu dia beberapa tips melakukan Self-Care dari saya, semoga bisa temen-temen terapkan yaaaa! 

Kita perlu mengingat bahwa menjaga diri sendiri itu sangat perlu, hal ini bukan hal yang egois atau mementingkan diri sendiri. 

Karena tubuh mu juga perlu beristirahat sejenak, tidak seharusnya kamu memaksakan dirimu, setelah kamu melakukan self-care kamu akan merasakan manfaat perubahan positif pada dirimu yang terkadang, hal ini sering kamu abaikan, meskipun hanya dari aktivitas kecil seperti di atas kamu bisa lebih produktif melakukan aktivitas selanjutnya. So... take some rest! 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x