Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Konsultan - Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30) Tulisan boleh dikutip dengan sitasi (mencantumkan sumbernya). 1) Psikologi 2) Hukum 3) Manajemen 4) Sosial Humaniora 5) Liputan Bebas

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Gudheg

2 Februari 2021   04:51 Diperbarui: 2 Februari 2021   05:07 547
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nyeplus lombok ijo semangkin nyus dengan gudheg muaniss (Foto: RA)

Bagi orang Yogya, gudheg adalah hal yang biasa. Maksudnya, biasa dilihat. Kalau makan, ya belum tentu setiap hari. Sebab, dominansi rasa manis, memang masih kentara. Sementara lidah semakin punya sensasi berbeda, sehingga generasi muda sebagian mulai makan gudheg justru ketika teman-teman luar kota Yogya pada berdatangan.

Nah, bagaimana ulasan gudheg ala Retno Andriani, sosok wanita matang asli Negari Kraton  Yogya yang saat ini migrasi ke Republik Bekasi, sekedar berbagi monggo ingkang kerso maos dipersilakan, yang mboten minat nggih monggo subuhan rumiyin. 

-----------

NYIDAM GUDEG

Lagi seneng posting bab makanan nih. Hujan-hujan dingin bukannya inget mantan tapi malah inget makanan mulu.... duuuh... kok pengen ngunyah-ngunyah aja.

Kali ini saya cerita tentang gudeg aja ya... Sebagai orang Yogya walaupun chasing Jepang saya suka banget makan gudeg. Gudeg plus telor dimakan dengan bubur lemu. Kalau ga ada bubur ya pakai nasi. Entahlah saya kurang suka kalau ada daging ayamnya. Enakan telor plus tahu dan sambel kreceknya yang pedes. Disantap saat masih anget untuk sarapan.... jiaaan.... nikmatnya bikin lupa kreditan. Lagian... ngapain juga dipikirin. Dilunasin lah.

Udah 24 tahunan saya merantau ke ibukota... eeh lanjut mlipir dikitlah dari ibukota. Terpaksa saya harus menyesuaikan lidah dengan kuliner daerah setempat. Saya jadi susah kalau pengen makan gudeg. Nyari dimana gitu... Mosok masak sendiri... ogah!! Bikinnya kan ribet dan perlu waktu lama. Bisa pingsan saya nungguin gudegnya jadi.

Beberapa kali saya ya berusaha nyari bakul gudeg di deket-deket rumahku. Nemu juga... Tapi... lho... lhooo.... gudeg kok kayak gitu sih. Kalau di Yogya mah disebutnya "Jangan Gori". Sayur nangka muda. Yaaah... kalau jangan gori saya bisa masak sendiri. Kuliner model gini yang sering kutemui. Gudeg = jangan gori .

Suatu saat saya nemu juga bakul gudeg ala Yogya... senengnya... Tapi kok rasanya kurang sesuai dengan kepengenanku. Jauuuuh... dari cita rasa Yogya. Yo weslah... saya kalau mudik beli gudeg aja buat oleh-oleh bagi diriku sendiri. Sekalian bawa ayam kremes juga. Dan tentunya pas di Yogya makan bubur atau nasi gudeg buat sarapan. Eeh.. diseling nasi soto favoritnya mas bojo.

Paketan senilai seratus dua ratusan ribu, ya bisa juga 300-500an ribu tergantung jumlah telur  dan ayam(Foto: RA)
Paketan senilai seratus dua ratusan ribu, ya bisa juga 300-500an ribu tergantung jumlah telur  dan ayam(Foto: RA)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun