Mohon tunggu...
Nugroho Endepe
Nugroho Endepe Mohon Tunggu... Edukasi literasi tanpa henti. Semoga Allah meridhoi. Bacalah. Tulislah.

Katakanlah “Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?” (67:30)

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Icip-Icip Nasi Jamblang Cirebon

25 Desember 2020   08:50 Diperbarui: 27 Desember 2020   22:22 226 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Icip-Icip Nasi Jamblang Cirebon
Taucho, tahu, pepes rajungan, sambel, timun di menu nasi jamblang (Dokpri)

Meniti perjalanan dari Jogja, jarak ditempuh sekitar 350 kilometer. Ya lebih kurang, sebab saya juga mampir ke Kuningan untuk silaturahim dengan seorang pimpinan pondok pesantren. Alhamdulillah semua diparingi lancar, meski ya kadang nyasar sedikit sedikit belok belok karena masuk kawasan pedesaan.

Jangan salah, kami berempat juga tes swab antigen di lab sebelum traveling, dan dinyatakan negatif. Biaya @ Rp. 450 ribu, agak mahal dibandingkan dengan lab lain yang ada melayani dengan biaya @ Rp. 250 ribu. Surat lengkap. Istri saya malahan PCR langsung, dan juga negatif.  Biaya PCR nya Rp. 900 ribu. BAgi yang minat, monggo menghubungi lab-lab terdekat, sehingga traveling akan aman baik dari sisi kesehatan, maupun sweeping aparat ya.. Hehe... dan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Memasuki Cirebon, rasanya ya agak sedih juga. Kota lama yang sudah terkenal di jaman baheula, kok belum nampak apa ciri khasnya. Keunikan dan sentuhan etnisnya, belum menonjol dibandingkan, misalnya, Yogya dan Solo. Sebagian jalan tergenang karena hujan, menunjukkan drainase belum bekerja dengan optimal.

Rumput rumput taman kota, pinggir jalan, sebagian masih rimbun. Pohon pohon yang rindang dekat stasiun Prujakan Cirebon,  terlalu rimbun belum dirapikan selulur dahan rantingnya. Perilaku pengendara menyerobot jalan masih terlihat, kalau ini teh mungkin sama ya dengan yang lain.

Intinya, pengaturan Dinas Taman Kota belum optimal. Perlu belajar ke Surabaya untuk ini, sehingga kalau kita masuk ke sebuah kota, cara melihat aparatur negara bekerja beneran atau tidak, cukup dengan melihat taman kota, jalan yang rapi bersih, saluran air yang bekerja dengan baik, dan perilaku masyarakat yang teratur. 

Cirebon masih perlu berbenah untuk menjadi aikon wisata yang handal. 

Tetap disiplin masker di setiap kota (DOkpri) 
Tetap disiplin masker di setiap kota (DOkpri) 

Nasi Jamblang 

Sudah banyak yang mengulas mengenai nasi jamblang ini. Namun ya karena pagi ini, 25 Desember 2020 saya berada di Cirebon, ikut berkisah kisah deh mengenai nasi jamblang.

Lokasi yang saya pilih adalah nasi jamblang Bu Nur, di jalan cangkring 2 no. 34 kecamatan kejaksan Cirebon Jawa Barat 45123. Nah, lengkap kan... yang penasaran bisa ke sini secepatnya.. hehe.. jika sempat ketemu saya, saya yang traktir boleh deh.... 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x