Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Korsel Menyusul Jepang ke 16 Besar: Ini Faktornya

3 Desember 2022   00:15 Diperbarui: 3 Desember 2022   00:20 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: bola.tempo.co

Korea Selatan akhirnya menyusul Tim Jepang ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah secara dramatis mengalahkan Portugal 2-1. Ini kembali menumbuhkan harapan bahwa Tim Asia ternyata masih patut diperhitungkan.

Pertandingan sendiri berjalan begitu dramatis. Portugal lebih dahulu unggul 1-0. Tapi kemudian Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan 1-1. Kedudukan imbang ini berlangsung sampai akhir babak pertama. Pada babak kedua Korea Selatan akhirnya berhasil mencetak satu gol lagi dan kedudukan 2-1 untuk keunggulan Korea Slatan bertahan hingga akhir pertandingan.

Ada beberapaa faktor mengapa Korea Selatan bisa memang lawan Portugal dan akhirnya bisa ke babak 16 besar.

Pertama, semangat bertanding yang luar biasa dari para pemain Korea Selatan. Meskipun sempat tertinggal 1-0 namun itu tidak menyurutkan semangat para pemain Korsel untuk menyamakan kedudukan dan bahkan akhirnya unggul dari POrtugal

Kedua, Portugal meskipun punya banyak peluang tetapi gagal memanfaatkannya menjadi gol. Mungkin  di sini ada sedikit unsur ketidakberuntungan. 

Ketiga, penampilan Christiano Ronaldo kurang optimal. Ada beberapa sebab antara lain memang dia kurang fit dan juga penjagaan pemain-pemain Korea Selatan terhadap Ronaldo sangat ketat sehingga ia tak banyak bisa bergerak. Oleh karenanya di pertengahan babak kedua Ronaldo digantikan oleh pemain lain.

Barangkali pelatih Portugal ingin menggantikan Ronaldo dengan pemain lain yang tak banyak menarik perhatian musuh sehingga akan lebih leluasa bergerak. Namun tampaknya pemain pengganti ini tak bisa menggantikan peran Ronaldo secara optimal.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun