Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Inilah Sifat-Sifat Wirausaha yang Baik dan Sukses

11 November 2022   23:19 Diperbarui: 11 November 2022   23:19 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: kids.grid.id

Menjadi wirausaha yang sukses merupakan cita-cita sebagian orang. Cita-cita itu sah-sah saja karena menjadi seorang wirausaha adalah cita-cita yang baik yang tidak saja menciptakan pekerjaan bagi sendiri tetapi juga menciptakan pekerjaaan bagi orang lain. Namun menjadi seorang wirausaha perlulah terlebih dahulu mengetahui dan membangun karakter atau sifat-sifat seorang wirausaha sehingga ketika menjadi wirausaha akan sukses. 

Ini beberapa sifat seorang wirausaha yang baik dan sukses.

Pertama, seorang wirausaha harus berani mengambil resiko. Artinya dalam berusaha ia harus berani mengambil resiko termasuk di dalamnya resiko untuk gagal.

Kedua, tak pernah putus asa. Seoraang wirausaha yang baik tidak pernah outus asa. Jika ia mencoba satu bisnis dan gagal maka ia harus bernai untuk bangkit lagi dan mencoba di bisnis lain.

Ketiga, ia harus selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan menerapkan ide-ide baru. Seringkali ide baru yang inovatif dan kreatif itu sangat sederhana. Di dekat rumah saya ada satu warung kelonting yang ramai dikunjungi pembeli. Salah satu resepnya adalah pemilik warung itu selalu memberikan kembalian uang kepada pembeli seberapa besarpun uang yang digunakan untuk membeli dan seberapa kecilpun nilai pembelian konsumennya. Di dekat rumah juga ada beberapa jasa fotocopy karena ada beberapa sekolah juga Tetapi ada satu jasa fotocopy yang buka pagi sekali dan ramai dikunjungi karena banyak siswa yang memfotocopy tugasnya agi-pagi benar sebelum masuk sekolah.

Keempat, harus berorientasi ke depan. Seorang wirausaha yang baik harus berpikir dan berorientasi ke depan. Termasuk di dalam sikap ini adalah memikirkan peluang bisnis di amsa depan yang sekarang belum terpikirkan oleh orang banyak.

Kelima, disiplin. Disiplin di sini adalah disiplin dalam segala hal. Misalnya disiplin dalam pengelolaan keuangan usaha. Disiplin dalam menepati janji dan komitmen dengan konsumen dan juga displin dalam memenuhi kewajibannya misal membayar kredit tepat waktu.

Keenam, punya sifat supel, ramah, da punya relasi dengan banyak orang. Konsumen sering merasa senang berhubungan dengan seorang wirausaha yang dengan amah melayaninya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun