Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tips Menyiasati Kenaikan Harga BBM bagi Pekerja

21 September 2022   22:36 Diperbarui: 21 September 2022   23:19 238 41 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: pexels.com

Harga BBM telah dinaikkan oleh pemerintah. Dampaknya tentu akan dirasakan oleh para pekerja yaitu biaya transportasi menjadi naik dan juga biaya hidup yang lain ikut naik pula.

Berikut beberapa tips menyiasati kenaikan harga BBM bagi para pekerja.

Pertama, gunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum bila dihitung biasanya akan lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Namun perlu dipertimbangkan juga apakah dengan menggunakan fasilitas kendaraan umum tidak akan menganggu tugas-tugas kita di kantor.  Jika kita membutuhkan mobilitas yang tinggi misalnya harus sering keluar kantor maka mungkin menggunakan kendaraan umum bukanlah solusi terbaik.

Kedua, pilih jarak terdekat bila menggunakan kendaraan pribadi. JIka kita menggunakan kendaraan pribadi maka untuk menghemat BBM pilihlah jalur terdekat ke kantor atau tempat bekerja. Tentu dengan catatan jalur terdekat tersebut relatif tidak macet.

Ketiga, hindari berkendara yang bisa emboroskan BBM. Contohnya sering memainkan gas ketika berhenti di lampu pengatur lalu lintas, membawa kendaraan dengan laju yang tidak konstan (kadang cepat kemudian tiba-tiba berhenti atau melambat), menjalankan kendaraan dengan tanpa memanskan mesin terlebih dahulu, dan lain-lain.

Keempat, menghemat untuk pengeluaran-pengeluaran lain. Misal dengan membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan siang di kantor. Hal ini biasanya akan lebih hemat daripada harus jajan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan