Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Dosen - Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Mencintai Pekerjaan yang Sekarang

26 Maret 2022   23:33 Diperbarui: 26 Maret 2022   23:40 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: halodoc.com

Banyak orang sering mengeluh dengan pekerjaannya yang sekarang. Padahal dari pandangan orang lain pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang banyak diingini dan dicari orang. Memang  tiadk ada pkerjaan yang seratus persen bisa memuaskan keinginan kita. Setiap pekerjaan selallu ada plus minusnya dan ada senang dan susahnya.

Jika hanya menuruti kemauan dan melihat usahnya saja maka setap orang akan cenderung berpindah-pindah kerja. Hal itu tentu menjadi suatu halamngan bagi karir dan ekonomi keluarga atau pribadi.

Oleh karena itu ada beberapa tips agar kita mencintai pekerjaan yang sekarang ini.

Pertama, membuat daftar "ucapan terima kasih" terhadap pekerjaan yang sekarang ditekuni, Misalnya: (1) Saya berterima kasih terhadap pkerjaan saya yang sekarang ini karena bisa mencukupi kebutuhan saya dan keluarga saya, (2) Saya berterima kasih kepada pekerjaan saya yang sekarang ini karena telah mengubah saya yang dulunya pemalu menjadi bisa tampil bebicara di depan rapat atau umum, dan lain-lain. Dengan ucapan terima kasih tersebut maka kita akan lebih mencintai pekerjaan kita.

Kedua, Pikirkanlah dan manfaatkan segala fasilitas dari pekerjaan yang sekarang ini. Manfaatkan fasilitas asuransi kesehatan unuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Manfaat fasilitas olahraga yang disediakan kantor. 

Dengan bekerja di pekerjaan ini, saya bisa mengikuti seminar-seminar gratis yang bisa meningkatkan pengetahuan serta jaringan kerja (networking) saya, dan seterusnya. Dengan memanfaatkan dan memikirkan beberapa fasilitas dan manfaat tersebut kita akan lebih mencintai pekerjaan kita

Ketiga, coba diingat-ingat kembali mengapa kita mengambil pekerjaan yang sekarang dan menolak beberapa pekerjaan yang lain. Misalnya saja: karena menawarkan gaji yang lumayan tinggi, waktu kerja yang fleksibel, lokasi kantor yang strategis, dan lain-lain. Meningat kembali hal-hal tersebut akan membantu kita mencintai pekerjaan yang sekarang.

Keempat, buatlah ruangan kerja senyaman mungkin. Kejenuhan dan ketidaksukaan kita terhadap pekerjaan yang sekarang bisa jadi disebabkan ruang kerja kita yang kurang nyaman misal: karena kurang sinar matahari, kurang aasesoris misal tanaman, dan lain-lain. Untuk itu ruangan yang tidak nyaman bisa kita ubah sendiri menjadi ruang yang nyaman.

Kelima, seringlah meminta nasehat pada pimpinan dan atau curhat pada teman sekantor. Seringkali beban kerja yang berat akan menjadi ringan jika beban tersebut diceritakan dan dimintakan solusi pada pimpinan atau teman sekerja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun