Mohon tunggu...
Dr. Nugroho SBM  MSi
Dr. Nugroho SBM MSi Mohon Tunggu... Saya suka menulis apa saja

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berbagai Arti Kata Lebaran

12 Mei 2021   12:19 Diperbarui: 12 Mei 2021   16:50 97 13 2 Mohon Tunggu...

Lebaran sudah di ambang pintu. Lebaran adalah kata Indonesia yang berasal dari bahasa jawa. Ada yang mengatakan ada 4 (empat makna) lebaran berdasar asal katanya (dalam bahasa jawa)

Pertama, Lebaran. Berasal dari kata Lebar dalam bahasa jawa berarti sudah atau usai. Artinya di Hari Lebaran, umat muslim usai melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. Ada yang mengartikan juga Lebar sebagai terbuka. Artinya di Hari Lebaran pintu maaf terbuka lebar.

Kedua, ada pendapat yang mengatakan bahwa Lebaran berasal dari kata Leburan. Artinya di hari lebaran semua kesalahan dan dosa dilebur sehingga manusia kembali menjadi fitri atau suci seperti ketika dilahirkan.

Ketiga, pun pula ada yang mengatakan Lebaran berasal dari kata Luberan. Sebab pada hari raya Lebaran, ada luberan rejeki berupa zakat fitrah yang harus dibayarkan kepada kaum miskin yang membutuhkan. Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kaum miskin yang sangat membutuhkan.

Keempat, atau terakhir, pendapat lain mengatakan Lebaran berasal dari kata Laburan. Labur atau kapur digunakan untuk memutihkan tembok. Di hari Lebaran, hati manusia kembali diputihkan atau disucikan setelah saling memaafkan.

Mana yang benar dari keempat makna lebaran di atas? Tampaknya semuanya mempunyai makna yang baik. Jdi keempatnya saya kira bisa digabungkan. Harapannya kita semua bisa lebih menghayati dalam merayakan lebaran.

VIDEO PILIHAN