Mohon tunggu...
Nurmitra Sari Purba
Nurmitra Sari Purba Mohon Tunggu... Bachelor of Applied Statistics

Cinta statistik. Suka nulis karena untuk menulis aku harus membaca, tapi belum jago nulis.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Menampung Air Hujan, Langkah Mudah Menyelamatkan Planet Bumi

12 September 2019   08:26 Diperbarui: 14 September 2019   15:02 0 0 0 Mohon Tunggu...

Air adalah alasan adanya kehidupan di planet Bumi, tanpanya, kehidupan itu sendiri tidak dapat terbayangkan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kini sumber air tawar sudah menjadi langka. Saat ini, air sudah mulai menjadi sumber daya alam yang terbatas. Meskipun tiga perempat dari bumi adalah air; hanya 1% air yang segar dan dapat dikonsumsi oleh manusia.

Menjaga pasokan air yang ada agar tetap sehat dan berkelanjutan sangatlah penting namun hal tersebut semakin sulit untuk diusahakan. Industrialisasi dan pertumbuhan populasi mengakibatkan peningkatan penggunaan air bersih. 

Di beberapa daerah di dunia, perubahan iklim meningkatkan kemungkinan kekurangan air dan persaingan untuk mendapatkan air bersih. 

Kualitas air berkurang di banyak daerah, terutama karena meningkatnya konsentrasi sedimen dan kontaminan setelah adanya hujan lebat. Hujan deras dan periode presipitasi yang panjang sering diikuti oleh periode kemarau ekstrem yang panjang. 

Air pun terus menjadi berita dunia. Laporan dari beberapa lembaga global, termasuk PBB, menunjukkan bahwa jika kondisi kelangkaan air tidak membaik dan jika tindakan pencegahan tidak diambil, maka dunia akan kehabisan air tawar pada tahun 2050.

Tidak tersedianya air bersih memaksa orang untuk mengkonsumsi air tercemar, sehingga menimbulkan penyakit dan tingginya angka kematian bayi. Dalam studi terbaru, diamati bahwa di Lima (Peru) hampir 2 juta orang tidak memiliki akses ke pasokan air, sementara mereka yang memiliki akses ternyata mendapatkan pasokan air yang kemungkinan besarnya terkontaminasi. 

Telah dilaporkan pula bahwa krisis air di beberapa bagian Honduras sangat parah sehingga perusahaan kota dari daerah-daerah tersebut tidak dapat memasok air yang cukup bahkan kepada penduduk yang memiliki sambungan pasokan air kota. Kondisi ini dilaporkan oleh Anna Kajumuto Tibaijuka, Wakil Sekretaris Jenderal, UNED UN-Habitat.

 Yaman, negara yang juga memiliki masalah pasokan air bersih dan sumber air. Beberapa ahli memproyeksikan ibu kota Sana'a di Yaman akan menjadi kota besar pertama di dunia yang kehabisan pasokan air.

Air hujan adalah salah satu hadiah terbaik untuk kita dari alam. Daripada menyia-nyiakannya, kita dapat mengambil langkah-langkah bijaksana dalam menghemat air hujan sehingga dapat digunakan kembali untuk tujuan yang lebih baik. 

Jika air hujan, yang gratis, dapat dikumpulkan dan disimpan, alih-alih membiarkannya mengalir, itu bisa menjadi alternatif untuk mendukung cadangan air utama terutama selama musim kemarau. Kepentingannya tidak terbatas pada individu tetapi dapat digunakan oleh komunitas juga.

Penampungan air hujan adalah proses mengumpulkan dan menyimpan air hujan di waduk atau tangki. Penampungan air hujan sistematis dapat membantu irigasi sehingga lebih hemat biaya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x