Mohon tunggu...
Nur Rohmatus
Nur Rohmatus Mohon Tunggu... Mahasiswi
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mahasiswi Universitas di Malang Pendidikan Islam Anak Usia Dini '17

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cilukba dan Berbagai Manfaatnya

19 Oktober 2018   00:58 Diperbarui: 19 Oktober 2018   01:12 283 1 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cilukba dan Berbagai Manfaatnya
Sumber Ilustrasi: babybulletblog.com

" Cilukba......! "

Sepertinya kata ini sudah tak lagi asing ditelinga kita, bahkan kata ini bisa dibilang turun temurun dari kita kecil hingga kita menjadi orang tua pun kata ini masih digunakan. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apa alasan anak kecil menyukai permainan ini ? ternyata jawabannya cukup menarik. Peneliti dari University of Cambridge mengatakan bahwa anak kecil yang diajak main cilukba ini merasa bahwa dirinya bisa tidak terlihat, dan juga anak akan merasa suatu objek itu bisa muncul dan menghilang.

Kata yang memiliki nama lain yaitu Peek a boo ini ternyata memiliki beberapa manfaat loh, diantaranya yaitu :

Menguatkan koneksi bayi dan orang tua

Permainan ini dapat dilakukan oleh orang tua dengan cara menutup wajah memakai tangan tepat di depan wajah si kecil, karna usia newborn ini bisa lebih fokus ke wajah orang terdekat seperti wajah orang tua dan anak ini akan merasa heran dan penasaran dengan wajah yang ada di balik tangan tersebut.

Melatih kemandirian

Saat anak diajak untuk bermain cilukba ini membuat anak untuk belajar bahwa suatu objek bisa tetap ada walaupaun objek tersebut tidak bisa dilihat, didengar, dan dirasakan keberadaannya. Bermain cilukba ini juga membuat anak belajar untuk mengontrol diri saat orang tua dan anak sedang terpisahkan oleh jarak.

Mengembangkan kemampuan kognitif

Permainan cilukba ini dapat dilakukan dengan berbagai model, model yang biasanya digunakan yaitu dengan menutup wajah menggunakan tangan dan berkata 'ciluk' kemudian membuka tangan sambil berkata 'ba', tetapi hal ini dapat divariasikan dengan cara ibu sembunyi di balik pintu sambil berkata 'ciluk' kemudian saat keluar dari balik pintu malah ayah sambil berkata 'ba'. Cara seperti itu menjadi kejutan tersendiri bagi anak, sekaligus menguatkan kemampuan berpikir si anak.

Selain itu, masih banyak manfaat dari cilukba. Seperti melatih sosialisasi para bayi, merangsang kemampuan bicara dan melatih kepercayaan diri mereka. Pastinya suasana rumah akan sangat menyenangkan lewat suara ketawa anak-anak yang kesenangan main cilukba.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x