Mohon tunggu...
Rita Kurniawati
Rita Kurniawati Mohon Tunggu... Pendidik

Jadikan ikhtiar dan tawakal sebagai katalis untuk mempercepat laju kesuksesan kita

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ibu sebagai Sekolah Pertama Bagi Anaknya

17 Juli 2020   10:47 Diperbarui: 17 Juli 2020   10:46 363 4 1 Mohon Tunggu...

Kedudukan Seorang Ibu dalam Islam

Ibu adalah sosok yang memiliki peran penting dalam keluarga. Selain ayah sebagai kepala rumah tangga, ibu juga merupakan pondasi pendidikan anak dalam keluarga, tangan lembutnya serta kasih sayangnya tak hanya mampu merawat dan membesarkan, namun mampu menghantarkan buah hati terkasih ke gerbang kesuksesan.

Kedudukan seorang ibu begitu mulia dalam islam, bahkan sosoknya memiliki kemuliaan lebih besar dari pada ayah. Kemuliaan seorang ibu hingga disebut tiga kali dalam sabdanya. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulallah SAW bersabda :

" Dari Abu Hurairah RA, dia berkata ada seorang laki -laki datang kepada Rasulallah SAW dan bertanya : 'Wahai Rasulallah siapakah orang yang paling berhak aku perlakukan dengan baik ?', Rasulallah menjawab : 'Ibumu'. Lalu siapa lagi? 'Ibumu'. Siapa lagi? 'Ibumu'. Lalu siapa lagi? 'Ayahmu'.." 

Hadits diatas menggambarkan betapa sangat dimuliakan dan diagungkan kedudukan ibu dalam islam. Selain itu kemulian seorang ibu telah ditetapkan dalam Al - Qur'an diberbagai surat, salah satunya dalam surat Lukman ayat 14, yang artinya :

" Dan Kmai perintahkan kepada manusia ( agar berbuat baik ) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah - tambah, dan menyapihnya dalam usia tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. "

Istilah 'syurga di telapak kaki ibu' sudah tak asing lagi kita dengar, hal ini merupakan salah satu kemuliaannya, bahwasanya Allah SWT menjamin syurga untuk hamba-Nya yang menghormati ibu dan berbakti kepadanya. Tak hanya itu, lisannya mampu menjadi doa, dan doa nya yang begitu mujarab untuk anak -- anaknya. Sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadits :

" Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi ( kemakbulannya ), yaitu doa orang tua, doa yang bepergian ( safar ), dan doa orang yang di dzalimi" ( H.R Abu Daud )

Kemuliaan seorang ibu bahkan pernah menjadi legenda yang sangat terkenal dari daerah Sumatera Barat, yang menjadi cerita menarik penuh pesan yang baik bagi anak -anak dalam menghormati ibunya, yang dikenal dengan "Legenda Malin Kundang".

Peran Ibu dalam Keluarga

Anak sebagai amanah dari Allah SWT yang diberikan kepada orang tua, sudah selayaknya mendapatkan pendidikan yang baik, dan ini merupakan salah satu tanggung jawab sebagai orang tua. Mendidik dan mengasuh anak bukanlah suatu perkara yang mudah, tentu saja semua pelaksanaannya harus sesuai aturan yang mengacu pada Al -Qur'an dan hadits.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN