Mohon tunggu...
Suprihati
Suprihati Mohon Tunggu... Administrasi - Pembelajar alam

Penikmat coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Blog personal: https://rynari.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Kearifan Selasih Seleguri Indonesia - Bundo Sariamin Ismail

31 Juli 2021   11:07 Diperbarui: 1 Agustus 2021   06:30 615 47 23 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kearifan Selasih Seleguri Indonesia - Bundo Sariamin Ismail
Kearifan Selasih Seleguri Indonesia - Bundo Sariamin Ismail (Tangkapan Layar Google Doodle 31 Juli 2021)

Selasih Seleguri nama pena Sariamin Ismail novelis perempuan pertama di Indonesia kelahiran 31 Juli 1909. Kearifan yang terbingkai dalam simbol Selasih Seleguri. Mari simak narasinya.

Google doodle hari ini tampil khas. Perempuan berbusana adat Sumatra Barat berbingkai jalinan tumbuhan Selasih yang membentuk kata google. Tebaran karya tulis melingkupinya.

Hari ini 31 Juli 2021, mengingat Bundo Sariamin Ismail sebagai novelis perempuan pertama di Indonesia. Termasuk angkatan Pujangga Baru. Pelopor perempuan dalam dunia kepenulisan.

Beliau lahir 31 Juli 1909 di Talu, Talamau, Pasaman Barat, Sumatra Barat. Menggunakan aneka nama pena diantaranya yang terkenal adalah Selasih, Seleguri ataupun kombinasinya.

Kiprah Sariamin Ismail sebagai tonggak penulis dan novelis perempuan sudah banyak diulas. Nah kali ini simbok terpikat dengan nama pena beliau yaitu Selasih dan Seleguri. Menjadi tilikan ala kebun sebagai pijakan apresiasi.

Selasih

Berbicara tentang Selasih asosiasi melayang kepada nama tumbuhan. Ya, Selasih yang berasal dari bahasa Melayu adopsi Sansekerta merujuk pada nama lokal tumbuhan. Sepadan dengan Telasih dan Tulasi.

Merunut dari tata nama tumbuhan, Selasih termasuk anggota genus atau marga Ocimum. Marga Ocimum memiliki banyak anggota semisal Ocimum basilicum yang dikenal sebagai basil. Ada pula Ocimum tenuiflorum yang terkenal di India senada dengan ruku-ruku dalam kuliner Sumatera. Bersaudara pula dengan kemangi.

Ocimum tenuiflorum (sumber: plantamor.com)
Ocimum tenuiflorum (sumber: plantamor.com)

Penggunaan marga selasih ini cukup luas. Selain sebagai komponen bumbu kuliner juga untuk obat herbal, juga tonikum penyegar. Bagian tumbuhan yang digunakan umumnya daun dan bijinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN