Mohon tunggu...
novy kayra
novy kayra Mohon Tunggu... Aspire to inspire

- Pegawai Negeri Sipil Jelata - Lulusan Master Universitas Gadjah Mada yang pakai beasiswa - Penulis Buku Pemula - Cita-cita keliling dunia dengan yang tercinta

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Agar Lebaran Tidak Darurat, 6 Langkah Selama Ramadhan Ini Bisa Jadi Cara Berhemat

18 April 2021   19:40 Diperbarui: 18 April 2021   19:55 239 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Agar Lebaran Tidak Darurat, 6 Langkah Selama Ramadhan Ini Bisa Jadi Cara Berhemat
Tips mengatur keuangan. (sumber: pngtree.com)

Ramadhan menjadi momen sakral namun bisa menjadi menghabiskan uang kalau keinginannya makin tidak masuk akal. Ya, bagaimana tidak? Bulan suci yang cuma ada sebulan dalam setahun kadang membuat kita kalap terlebih dengan keinginan berbuka puasa yang bermacam-macam rupa. 

Oleh sebab itu beberapa tips ini adalah sekian dari banyak tips yang dapat membantu kita mengendalikan nafsu keuangan selama ramadhan:

Kurangi Kegiatan Bukber di Luar Rumah

Buka bersama pada dasarnya sah-sah saja, yang tidak normal adalah ketika sebulan penuh kita berbuka puasa di luar rumah dengan pengeluaran uang pribadi terus. Maka ada baiknya untuk  mengurangi kegiatan buka bersama di luar. 

Selain karena sedang pandemi yang menekankan agar kita jarang keluar rumah, tanpa sadar bisa menguras kantong kita untuk pengeluaran. Jadi, mengapa tidak kita mengurangi kegiatan buka bersama di luar sembari memutus infeksi  penularan covid 19?

Manfaatkan Promo Ramadhan Restoran/layanan Pesan Antar

Pada masa ramadhan ini memang banyak diskon yang sedang diumbar baik di pusat perbelanjaan konvensional, market place, atau layanan pesan antar seperti Gojek dan Grab. Bahkan kartu kredit atau layanan keuangan online juga. 

Nah, kalau kamu jeli.. Hal ini bisa jadi kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. Saya sendiri telah membuktikan dengan memanfaatkan diskon promo tersebut yang ternyata tidak kalah murah, lho..

Memasak Sendiri di Rumah

Memasak sendiri merupakan alternatif yang paling solutif menyangkut pengaturan keuangan. Misalkan harus mengeluarkan biaya makanan untuk 2 orang di restoran, dengan nominal yang sama bisa untuk 4 orang bahkan bisa lebih ari sekali makan. Kelebihan memasak sendiri adalah terjamin kebersihannya dan lebih sehat. Cuma kekurangannya adalah harus bersedia menyempatkan waktu dan tenaga serta cucian piring dan perkakas ekstra.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN