Mohon tunggu...
Novitha  Yuliati
Novitha Yuliati Mohon Tunggu... Lainnya - Berdoa dan selalu optimis

Belajar, belajar, belajar

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

STIAMAK Barunawati Kupas Tuntas Kompetensi SDM

30 Juli 2021   06:06 Diperbarui: 31 Juli 2021   19:26 280 59 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
STIAMAK Barunawati Kupas Tuntas Kompetensi SDM
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan satu faktor terpenting dalam perusahaan, karena SDM juga merupakan partner Business Strategy bagi perusahaan untuk pencapian Business Result perusahaan. Belajar di STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA pada semester ini saya mengambil mata kuliah Sumber Daya Manusia, yang mana mata kuliah tersebut diampu oleh Bapak Nugroho Dwi P.,MSc. Beliau juga berpengalaman di bidang manajemen Pelindo 3, sehingga kita bisa belajar banyak dari beliau bagaimana SDM dan pengaplikasiannya di dunia kerja. Pada mata kuliah ini juga mengundang para petinggi Pelindo 3 untuk memberikan materi tentang SDM yaitu Ibu Hapsari Nurina Rahmi Deputi Manajer SDM dan Legal Pelindo 3 Regional Jawa Timur tentang employee training dan Bapak Rendra Krestyawan Senior Manajer Strategi dan Kesisteman SDM tentang pengembangan SDM berbasis digital. Keberuntungan kami bisa belajar di STIAMAK Barunawati Surabaya ini karena materi yang diberikan berguna di dunia kerja. 

Bagaimana sih meningkatkan kinerja  perusahaan? ternyata ini ada formulanya lho, apa itu? Jadi formula kinerja itu dipengaruhi dari eksternal dan internal. Dari eksternal terdiri dari motivasi dan lingkungan kerja. Sedangkan internal yaitu kompetensi dan motivasi. Hmmm pantas saja ya suatu perusahaan yang unggul pasti memiliki strategi SDM yang baik dan terorganisir. Di awal tadi sudah disebutkan tentang  Business Strategy dan  Business Result  ternyata ini adalah Competency Based HRM (Human Resource Management) yang mana terdapat hal - hal dasar dalam SDM yaitu Recruitmen and Selection, Training and Development, Performance Management, Competency, Reward Management dan Career Management. Jika hal - hal ini bisa direncanakan dan dilaksanakan dengan baik maka goal suatu perusahaan dapat tercapai. 

Kompetensi dapat diartikan sebagai kombinasi dari keterampilan, sikap kerja dan pengetahuan yang dapat direfleksikan dalam perilaku kerja dimana perilaku tersebut dapat diamati, diukur dan dievaluasi. Ada 2 (dua) jenis kompetensi yaitu hard competency dan soft competency. Hard competency dapat dilihat secara mudah karena ini merupakan pengetahuan dan keterampilan seseorang, yang mana diperlukan perusahaan secara teknis untuk mengerjakan pekerjaan. Sedangkan, soft competency adalah bagaimana seorang individu berperilaku, nilai, citra diri, sifat/watak dan motivasi dalam individu itu sendiri. Soft competency merupakan hal penting dan sangat fundamental untuk keberhasilan. SDM memerlukan 2 (dua) hal ini untuk membangun, mengembangkan dan mempertahankan perusahaannya. 

Kita sering dengar jika kompetensi pribadi yang dibawa dan kompetensi yang disyaratkan saling memiliki kecocokan makan tercipta kinerja unggul, nah ternyata inilah manfaatnya jika suatu perusahaan melakukan seleksi penerimaan pegawai. Mereka mengumumkan untuk melakukan rekrutmen pegawai dengan berbagai syarat, selanjutnya para calon pegawai ini mengirimkan berkas lamaran sesuai yang dipersyaratkan, jika lolos administrasi maka mereka akan ketahap selanjutnya. Ada tes kemampuan, tes psikologi, wawancara, tes kesehatan dan banyak tes - tes lagi yang diperlukan oleh perusahaan untuk memilih SDM yang dicari, diperlukan dan pastinya SDM yang unggul.

Masa pandemic seperti ini memang susah mencari pekerjaan, karena banyak perusahaan yang melakukan PHK. Akan tetapi, jika kita memiliki kompetensi yang unggul bagus tentun saja perusahaan akan memperhitungkan ulang jika akan melakukan PHK. So, tidak ada salahnya dan mungkin wajib sih kita harus meningkatkan kompetensi kita baik hard competency dan soft competency. Setelah mendapat mata kuliah SDM ini saya tersadar memang benar - benar penting SDM bagi perusahaan, dan tentunya saya yang sudah bekerja tidak boleh terlena begitu saja dengan kemampuan yang sekarang ini, harus selalu ditingkatkan sehingga kita akan dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern dengan tingkat teknologi yang tinggi ini. 

Terima kasih STIAMAK Barunawati Surabaya dan Pelindo 3 yang telah memberikan ilmu dan kesempatan yang besar ini. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN