Mohon tunggu...
Novita  Frisca
Novita Frisca Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sedang dalam Program KKN Tematik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kiat-Kiat UMKM Mengembangkan Pemasaran Melalui Instagram Selama Pandemi Covid-19

12 Agustus 2021   11:10 Diperbarui: 12 Agustus 2021   11:16 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis: Novita Frisca C (Mahasiswa KKNT UPI Kelompok 55)

NIM: 1805534

DPL: Rina Maryanti, S.Pd., M.Pd.

Covid-19 yang sudah ada kemunculannya di Indonesia sejak Maret 2020 lalu hingga kini terus memunculkan berbagai varian baru yang membuat pandemi ini tidak kunjung berakhir. Dampak pandemi covid-19 ini terhadap perekonomian Indonesia tentu sangat berpengaruh besar, terutama di bidang UMKM. UMKM di Indonesia kini mulai kesulitan dalam mempertahankan usahanya di tengah pandemi covid-19, karena tentu saja masyarakat lebih mengutamakan membeli keperluan pokok untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, UMKM masih dapat mempertahankan usahanya dengan melakukan berbagai strategi pemasaran terutama pada akun media sosial Instagram UMKM tersebut. Berikut kiat-kiat mengembangkan pemasaran melalui media sosial Instagram untuk UMKM di tengah pandemi covid-19:

1. Perhatikan Display Picture

Display picture semua akun media sosial baik itu Instagram, Facebook, dan akun media sosial lainnya diharuskan memakai foto yang sama. Hal tersebut dikarenakan sebagai identitas dari UMKM itu sendiri.

2. Kelola Bio

Bio merupakan hal yang penting dan utama bagi akun media sosial yang digunakan UMKM. Karena, bio dapat digunakan sebagai info utama ketika pengunjung melihat akun tersebut. Dalam bio tersebut, kita dapat mencantumkan kontak kita yang dapat langsung call-to-action, mencantumkan hashtag untuk memudahkan pencarian, mencantumkan slogan dari UMKM kita, menyebutkan value dari UMKM kita sendiri, dan terakhir menambahkan Linktree yang dapat terhubung ke kontak kita maupun e-commerce jika ada.

3. Kelola Caption Postingan

Caption dari setiap postingan yang kita buat itu sangat penting untuk menjangkau costumer kita. Karena, caption yang menarik akan mengundang customer untuk berkunjung kepada akun UMKM kita. Oleh karena itu, caption postingan yang kita buat harus memuat kata-kata yang menarik seperti kata-kata pemancing, bisa juga berupa pertanyaan hingga ajakan follow. Selain itu, untuk membuat caption yang efektif dan efisien kita dapat memaksimalkan hingga 2200 karakter, namun 100 karakter pertama itu merupakan yang terpenting. Dalam caption kita juga dapat menambahkan hashtag hingga 30 hashtag.

4. Perhatikan Jam Posting

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun