Mohon tunggu...
Novi Nurul Khotimah
Novi Nurul Khotimah Mohon Tunggu... Administrasi - Menulislah dengan hati

GURU MULIA ADALAH GURU YANG BERKARYA

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Gramedia, Destinasi Wisata Buku Keluarga

2 Desember 2018   22:37 Diperbarui: 2 Desember 2018   22:52 655
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah menjadi tradisi keluarga kecil saya jika mengisi liburan mesti berkunjung ke toko Buku Gramedia.  Toko Buku ternama di Kota tercinta dimana saya tinggal menjadi destinasi yang sering saya kunjungi. Bahkan mungkin toko buku ternama nomor satu di Indonesia. Karena keberadaannya hampir di setiap Kota-kota besar pasti ada, terutama di mall-mall atau pusat perbelanjaan. Berburu buku terbitan terbaru atau berburu buku yang sedang ada program pemotongan harga alias diskon.  Tak mengapalah sesekali saya membaca dengan "MODIS" (modal diskon,,,hehe..istilah itu saya dapatkan dari seorang teman). Saya akan betah berlama-lama berada di antara hamparan buku-buku yang menarik. Harganya dibanting pula. Sehari penuh pun tak akan terasa jenuh.

Membaca sudah menjadi kebutuhan keluarga saya. Semenjak anak-anak kecil,  sudah saya perkenalan dengan toko buku.  Saya lebih nyaman membiarkan anak-anak bebas memilih buku yang menjadi kegemarannya daripada membiarkan anak-anak berada depan monitor games di tempat bermain yang ada di pusat perbelanjaan. Memilih dan memilah buku mana yang disukainya sebelum akhirnya buku pilihan itu dibawa ke depan kasir untuk proses pembayaran. Dengan demikian secara tidak langsung saya bisa mengetahui minat yang dimiliki anak-anak.  Putra pertama saya jika berkunjung ke toko buku, langsung ke arah display musik. Dengan serius dia memperhatikan dan menyimak buku-buku tentang musik. Hingga arena yang memajang alat-alat musik dia selalu ingin mencobanya. Baik itu gitar, piano maupun alat musik lain. Beruntung pelayanan toko sangat memperhatikan pelayanan prima pada pelanggan sehingga dengan sabar melayani putra saya yang ingin mencoba alat musik tersebut.

Berbeda dengan putri saya yang bungsu. Semenjak kecil, tepatnya saat usia taman kanak-kanak ketika diajak berkunjung ke toko buku dia berlari menuju rak buku cerita anak.  Dia lebih menyukai buku cerita bergambar yang berkaitan dengan sains bukan cerita yang banyak disukai anak seusianya seperti dongeng cinderella, putri salju atau cerita sejenisnya. Putri saya lebih suka cerita bergambar yang berkaitan dengan sains dan binatang.  Sampai-sampai dia sangat menyukai binatang buas yaitu cheetah dengan segala atributnya. Beranjak usia sekolah dasar putri saya mulai menyuka cerita komik yang berseri. Dan tidak boleh ketinggalan setiap kali ada komik kesukaannya terbitan baru.  Lemari bukupun sudah tak menampung koleksi buku komik putri saya. Hal yang membuat bangga saya adalah ketika putri saya menginginkan buku terbitan baru itu setelah dia melakukan sesuatu yang membuat orangtuanya bangga. " Ma. Dede nilai ulangannya 100, hadiahnya jalan-jalan yah ke Gramedia" begitu yang selalu diminta putri saya. Dan itu memang sudah saya janjikan kepada anak-anak. Minta buku apapun dan berapapun akan mama papa belikan asal kalian baca sampai tuntas. Dan saat anak-anak ulang tahun pun hadiah buku lebih menyenangkan mereka daripada hadiah mainan yang mahal-mahal minim manfaatnya

Alhamdulillah hingga sekarang putri saya beranjak remaja kegemaran membaca itu tak pernah surut meskipun anak seusianya sibuk dengan android dengan berbagai fitur yang lebih canggih. Hal berbeda kini yang dibaca adalah novel-novel remaja dari pengarang-pengarang ternama Nasional maupun Internasional. Kegemaran membaca itu berbuah manis, semenjak putri saya belajar di PG,  TK, SD dan SMP selalu menjadi peringkat terbaik.Berkali-kali mengikuti olimpiade sains.  Dan untuk membiasakan belajar tidak pernah repot-repot saya untuk menyuruhnya. Hanya saya sesekali mengingatkan bahwa boleh baca buku cerita asalkan membaca buku pelajaran tetap yang utama.

Dan hingga kini, rekreasi ke Toko Buku Gramedia merupakan destinasi yang sering dikunjungi, tidak mesti saat liburan tetapi kapanpun dan dimanapun saya beserta keluarga membutuhkan. Selain tempatnya nyaman, buku-bukunya lengkap, selalu terbaru dan pelayanannya memuaskan.

So,, tidaklah susah untuk membiasakan membaca pada anak-anak. Sedari kecil perkenalkan anak-anak dengan buku. Biarkan mereka berselancar dengan genre buku yang mereka suka. Temani saat mereka membaca. Lama kelamaan kebiasaan membaca itu akan menjadi kebutuhan.

Terima kasih bagi yang telah berkenan membaca tulisan says ini.

Salam Semangat dan Bahagia Selalu..

Cirebon,02122018

Novi Nurul Khotimah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun