Mohon tunggu...
Arie Lumowa
Arie Lumowa Mohon Tunggu... wiraswasta -

Teman-teman mengenalku dengan nama NOVY

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Happy Shopping! Dengan Online Shopping System JakartaNotebook

24 Mei 2013   00:58 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:07 1314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Toko online tengah berkembang di tanah air baik itu berupa website yang dibangun dengan online shopping system maupun yang dijalankan oleh individu melalui akun facebooknya. Umumnya toko online dibuat dengan tujuan untuk memberikan kemudahan berbelanja dan menjangkau customer yang ada diseluruh daerah maupun di luar negeri. Dalam memilih toko online tentu syarat utamanya bisa dipercaya dalam melakukan transaksi dengan aman dan dapat memberikan garansi atas produk yang dijual. Untuk memenuhi syarat relatif terpercaya salah satunya ada toko fisik yang bisa dikunjungi oleh customer, contohnya toko online JakartaNotebook memiliki alamat yang jelas.

Dalam website JakartaNotebook.com juga menerapkan online shopping system yang kurang lebih sama seperti pada toko online lainnya. Satu hal yang penting situs belanja online ini menampilkan SSL Site Seal Code sebagai tanda jaminan bahwa transaksi di website ini dilaksanakan dengan aman begitu pula dengan data customer dijaga kerahasiaannya.
Awalnya kita harus menjadi member dengan cara melakukan Register dan selanjutnya hanya perlu Login dengan email dan password yang telah didaftarkan atau bisa juga sign-in dengan akun facebook anda, setelah itu kita bisa langsung berbelanja.
Pada setiap item terdapat link ke halaman detail produk yang menampilkan gambar & informasi spesifikasi produk serta review dari customer yang pernah membelinya.
Proses belanja bisa langsung dilakukan dengan cara klik "Buy it!" pada item yang Ready Stock atau Limited Stock! atau klik "Add to Cart" di halaman detail produk dan secara otomatis item tersebut akan masuk dalam daftar belanjaan My Cart.
Pada tahap My Shopping Cart ini customer dapat melihat item yang telah dipilih kemudian dapat mengedit banyaknya jumlah barang dari setiap item jika ingin membeli lebih dari satu buah dan kalau masih ingin melakukan pembelian produk lainnya klik "Continue Shopping". Setelah yakin semua barang yang diinginkan sudah berada dalam daftar belanjaan maka proses dilanjutkan ke tahap selanjutnya dengan cara klik "Checkout Now" namun ada baiknya kita membaca “terms & conditions” terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap Payment & Shipping.
Pada tahap ini dilakukan:
1. Penghitungan secara otomatis total harga semua item belanjaan kita,
2. Pengisian alamat pengiriman,
3. Pemilihan cara pengiriman yang diinginkan. Pada jenis Standard Shipping didalamnya terdapat pilihan jasa pengiriman dan service yang disediakan beserta tarif yang otomatis dihitung sesuai berat total seluruh item dalam daftar belanjaan dan daerah tujuan pengiriman. Selain itu tersedia metode COD (khusus daerah Jakarta), metode Pick Up in Store untuk pengambilan langsung di toko dan bagi reseller disediakan metode Dropshipping dimana barang akan dikirim atas nama anda,
4. Pemilihan cara pembayaran yang disediakan yaitu dengan cara transfer bank melalui nomor rekening di salah satu bank BCA, Mandiri, BNI, Panin selain itu dengan cara BCA KlikPay dan pembayaran dengan Kartu Kredit.
Proses belanja diakhiri dengan klik "Finish" dan secara otomatis akan dibuatkan online INVOICE yang dapat didownload dan juga dikirimkan ke email anda.

Pada tahap customer akan melakukan pembayaran ada satu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu KODE UNIK yang ada dalam Invoice. Online shopping system JakartaNotebook mengunakan KODE UNIK yang ditambahkan kedalam Grand Total yang harus kita bayarkan (contoh: Rp 568.024,- angka 24 = KODE UNIK) dengan tujuan agar system bisa langsung mengecek transfer dana yang kita lakukan, keuntungannya bagi customer tidak perlu lagi melakukan konfirmasi, apabila tidak menggunakan KODE UNIK maka customer wajib melakukan konfirmasi melalui Payment Confirmation system sesegera mungkin, jadi disarankan selalu mengunakan KODE UNIK yang disertakan dalam invoice saat melakukan pembayaran.

Kalau proses setelah pembayaran berjalan lancar dan tidak ada kendala seperti barang yang dipesan tiba-tiba “out of stock” atau transfer dana yang belum dapat diverifikasi dan lainnya maka customer tinggal menunggu konfirmasi pengiriman atau nomor resi pengiriman melalui email dan Order Status di akun anda, setelah menerimanya kita bisa melacak paket kiriman melalui Track your Order system untuk memperkirakan kapan bisa sampai ditujuan.

Produk TOP berharga murah dan cara belanja yang begitu mudah dan aman menjadi beberapa alasan bagi jaknoters bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat berbelanja.


Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun