Mohon tunggu...
Novi Aulia
Novi Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

kesehatan masyarakat -uinsu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Karakteristik Kepemimpinan Presiden Indonesia dari Dr. Ir. H. Soekarno sampai Presiden Ir. H. Joko Widodo

29 Oktober 2021   01:18 Diperbarui: 29 Oktober 2021   11:44 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

kalian tau gk sih? bahwasannya presiden yang memimpin indonesia mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam memimpin negara indonesia baik dari gaya kepemimpinannya, sisi keberhasilan dalam memimpin indonesia dan sisi kekurangan dalam memimpin indonesia.

sebelumnya gaya kepemimpinan adalah merupakan pola menyeluruh dari tindakan seorang dalam memimpin, baik yang terlihat ataupun yang tidak terlihat, gaya kepemimpinan menjelaskan sifat dan sikap yang menampakkan perilaku seseorang.

maka dari itu penulis ingin mengajak pembaca untuk mengetahui karakteristik kepemimpinan presiden yang pernah memimpin indonesia dan sampai presiden yang sedang menjabat sekarang, sebagai berikut :

1. Dr.Ir.H.Soekarno

Dr.Ir.H.Soekarno adalah presiden pertama indonesia yang menjabat pada tahun 1945 sampai 1967, beliau merupakan presiden yang memiliki gaya kepemimpinan yang berkharismatik dan juga berwibawa, dan satu sisi beliau juga seorang yang cendekiawan dan mempunyai etika ideologi yang mendasari negara. 

Tentu saja dari gaya kepemimpinan beliau mempunyai sisi keberhasilan dalam memimpin yaitu beliau berhasil mengonsolidasikan negara - negara asia dan afrika dan mengonsolidasikan gerakan non-blok saat perang dingin, tidak lupa juga Dr.Ir.H.Soekarno menguncang dunia lewat pidato-pidatonya terutama di sidang umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), dan juga beliau berhasil mengobarkan semangat revolusi bagi rakyatnya. 

Namun, presiden Dr.Ir.H.Soekarno juga mempunyain sisi kekurangan dalam memimpin indonesia yaitu beliau mempunya sifat ceroboh atau kurang berhati-hati mengambil keputusan, dan beliau juga kemampuan pengetahuan tentang ekonominya pada saat itu sehingga mengalami inflasi terbesar dalam sejarah yaitu 300%.

2. Jendral TNI H.M.Soharto

Jendral TNI H.M.Soharto adalah presiden ke dua indonesia yang menjabat pada tahun 1967 sampai 1998,banyak yang mengatakan beliau mempunyai gaya kepemimpinan yang diktator dan otoriter. nah, dari gaya kepemimpinan yang di miliki Jendral TNI H.M.Soharto berhasil menstabilkan perekonomian indonesia saat masa jabatannya yaitu dengan gerakan REPELITA.

Reliau juga sukse menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk buatan negeri sendiri.Dan beliau juga mempunya sisi kekurangan dalam memipin indonesia yaitu dari tidak menghargai hak asasi manusia,dan pembangunan indonesia yang kurang setara dan menimbulkan kesenjangan pembagunan antara pusat dan daerah.

3. Prof.Dr.Ing.B.J.Habibie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan