Mohon tunggu...
Noviana Putri Dhamayanti
Noviana Putri Dhamayanti Mohon Tunggu... mahasiswa aktif UNUSA

tenang tapi tidak buta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kata-kata Indah dalam Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui!

24 November 2020   21:50 Diperbarui: 24 November 2020   22:01 300 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi/siang/sore/malam semuanya. Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Bahasa Indonesia. Sebelumnya saya akan membahas sedikit bagaimana sih asal dari Bahasa Indonesia? Bagaimana penerapan bahasa Indonesia dalam zaman sekarang ini? Apasaja kata-kata indah dalam bahasa Indonesia yang jarang diketahui?

Rumpun bahasa di dunia yakni ada rumpun bahasa Indogerman, Semit (Ibrani), Altai (Turki) dan Austronesia. Rumpun Bahasa Austronesia dibagi menjadi dua yakni Subrumpun Bahasa Austrosia dan Subrumpun Bahasa Austronesia. Subrumpun Bahasa Austronesia terbagi menjadi dua yakni Bahasa Austronesia Barat (Nusantara) dan Bahasa Austronesia Timur (Ocenia). 

Di bahasa Austronesia Barat (Nusantara) ini terdapat beberapa bahasa, yakni bahasa Formasa, bahasa Tagalok, bahasa Melayu, bahasa Jawa, bahasa  Dayak, bahasa Bali, dll. Penamaan "bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda yang bertujuan agar tidak memberikan imperialism bahasa apabila bahasa Melayu tetap digunakan. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan satu tonggak utama dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 28 Oktober 1928 juga  bahasa Indonesia mendapatkan pengakuan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa. Nah begitulah asal dari bahasa Indonesia secara singkat.

Menurut saya, pelajaran bahasa  Indonesia  merupakan pelajaran yang gampang-gampang susah, karena bahasa Indonesia yang biasa digunakan pada sehari-hari, terkadang tidak sesuai dengan bahasa Indonesia  yang benar. Saya ambil contoh, seperti tulisan yang biasanya ada di parkiran minimarket "Bebas Parkir". 

Menurut saya pernyataan tersebut tidak efektif karena mengandung makna ganda/ambigu. Makna  yang pertama yakni bebas dari uang parkir/gratis parkir. Makna yang kedua yakni kita boleh parkir dimana saja, didepan pintu sekalipun. Karena itulah kita harus terus belajar tentang bahasa Indonesia agar dapat menerapkannya dengan baik dan benar.

Pada zaman sekarang, ilmu bahasa Indonesia yang berkembang adalah puisi, sajak, dan syair. Banyak kita lihat seperti di sosmed misalnya instagram, kita sering menjumpai akun-akun yang memposting rekaman seseorang membaca puisi diiringi alunan lagu. Menurut saya, itu merupakan hal yang luar biasa karena kreativitas mereka dalam menerapkan ilmu bahasa Indonesia ini.

Nah, kalian sudah tau nggak sih ternyata ada banyak kata-kata indah dalam bahasa Indonesia yang jarang diketahui loh. Berikut adalah sebagian kata-kata indah dalam bahasa Indonesia :

  • Arunika             = cahaya matahari pagi sesudah terbit
  • Candramawa  = hitam bercampur putih
  • Dersik                = desir angina
  • Nayanika          = mata yang indah dan memancarkan daya tarik
  • Nirmala            = tanpa cacat; sempurna
  • Petrikor            = aroma harum tanah kering saat terkena air hujan
  • Eunoia              = pemikiran yang indah; pikiran yang baik
  • Mangata          = bayangan bulan di air yang berbentuk seperti jalan
  • Mudita             = perasaan (simpati)bahagia melihat kebahagian atau kesuksesan orang lain
  • Wanodya        = gadis remaja

Dan masih banyak lagi kata-kata  indah dalam bahasa Indonesia yang jarang diketahui. Sekian dari saya, terima kasih sudah membaca artikel saya. Mohon maaf apabila ada salah. Semangat belajar, sukses selalu  dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Nama  : Noviana  Putri Dhamayanti

NIM     : 2130020073

Prodi   : S1 Kesehatan Masyarakat kelas B

Tahun : 2020 

VIDEO PILIHAN