Mohon tunggu...
Novia Dwi
Novia Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknik Informatika

Mengabdi untuk masyarak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengabdian Mahasiswa Universitas Pamulang Kepada Yayasan Mizan Amanah

16 Oktober 2021   21:54 Diperbarui: 16 Oktober 2021   21:56 167 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengenalan Dasar Microsoft Word di Yayasan Mizan Amanah

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

               Pada Minggu, (10/10/2021) Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertema Pengenalan Dasar Microsoft Word di Yayasan Mizan Amanah. Adapun peserta kegiatan ini adalah anak -- anak Yayasan Mizan Amanah. Kelompok Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah Mahasiswa Semester 7 dari kelas 07TPLE009 beranggota 10 orang yang diketuai oleh saudara Mohamad Hartono dengan dosen pembimbing Bp. Hidayatullah Al Islami, M.Kom yang berlokasi di RT.9/RW.13, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430. Kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar dan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada masyarakat. Di Universitas Pamulang kegiatan ini merupakan program wajib yang dilakukan oleh mahasiswa.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

               Kegiatan ini dikhususkan untuk anak -- anak Yayasan Mizan Amanah. Kami selaku kelompok yang bertugas sangat berterima kasih atas antusias anak -- anak  yang mengikuti kegiatan ini. Dengan adanya PKM dapat membantu anak -- anak Yayasan Mizan Amanah agar dapat menguasai dan memahami Microsoft Word dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari -- hari. Microsoft Office adalah sebuah paket perangkat lunak client serta perangkat lunak server yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft office sangat dibutuhkan sekali dalam pembelajaran, karena bahkan hampir semua Lembaga instansi sekolah ataupun yayasan membutuhkan Microsoft Office untuk media pembelajaran dll. Di dalam Microsoft Office ada banyak jenis program yang bisa digunakan salah satunya Microsoft Word. Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen- dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Segala jenis dokumen formal, semi formal, atau tidak formal, dapat dibuat menggunakan program ini.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

               Sebelum masuk materi kami terlebih dahulu kami membaca doa dan memperkenalkan diri yang dipimpin oleh Mohamad Hartono. Setelah itu dilanjutkan sambutan dari Bp. Hidayatullah Al Islami, M.Kom (dosen) menyampaikan maksud dan tujuan datang ke yayasan serta memperkenalkan Universitas Pamulang (UNPAM) dan juga memberikan dorongan dan motivasi kepada anak -- anak Yayasan Mizan Amanah agar lebih semangat belajar . Setelah selesai sambutan acara selanjutnya adalah pemberian materi yang disampaikan oleh saudara Mohamad Hartono dan dibantu saudari Cindy Febrianti, Fatihatu Suci, dan Novia Dwi Anggraeni untuk penerapan Microsoft Word kepada anak -- anak Yayasan Mizan Amanah. Dalam penyampaian materi anak -- anak Yayasan Mizan Amanah dikenalkan menu, tool dasar Microsoft Word dan cara menggunakannya serta membuat, mengedit, menyimpan dokumen dan keingintahuan yang tinggi anak -anak mengikuti kegiatan dengan sangat antusias. Pada tahapan ini Anak -- anak Yayasan Mizan Amanah langsung mempraktekkan beberapa step materi yang sudah dijelaskan oleh moderator dari mahasiswa. Anak -- anak Yayasan Mizan Amanah diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan sebelumnya, jika berhasil menjawab maka anak -- anak Yayasan Mizan Amanah akan diberikan hadiah.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan